11 Des 2016

Apa Itu Oriflame, Bisnis Oriflame, MLM Oriflame, dan Kosmetik Oriflame?

Oriflame adalah merek dagang / paten perusahaan kosmetik terkemuka yang berasal dari Swedia. Kosmetik oriflame dijual kepada konsumen menggunakan jaringan penjualan mandiri (independent salses force) karena sistem itulah maka dikenal adanya istilah mlm oriflame.


#Balik lagi belajar bisnis oriflame dengan ibu Ella ya ^^, kali ini mari lebih jauh mengenal oriflame, gimana mau belajar lebih jauh kalau ndak ngerti apa itu oriflame? bagaimana sistem bisnis oriflame? apakah oriflame itu mlm? dll... nha dari hasil riset dan penulusuran inilah yang saya dapet :

ok check this out girl (belajar bareng lho ya')


Apa itu oriflame?


Oriflame adalah nama merek dagang / paten kosmetik dari perusahaan kosmetik asal swedia, oriflame menawarkan produk kosmetik dan kecantikan berkualitas. Oriflame berdiri pada tahun 1967 diprakarsai oleh Jonas dan Robert af Jochnick.

Contoh Produk Oriflame


Produk oriflame meliputi produk perawatan wajah, perawatan kulit, perawatan rambut, make up, parfum, perawatan tubuh, dan aksesoris berupa aneka tas dan jam tangan.





Salah satu pabrik tempat oriflame produk oriflame diproduksi


Apakah Oriflame Penipuan?


Bila berbicara tentang apakah oriflame penipuan atau tidak, maka kita membicarakan proses bisnis oriflame beserta alur bisnis.... rangkaian sejak oriflame diproduksi sampai pada akhirnya ada di tangan konsumen akhir.

Oriflame adalah perusahaan kosmetik dengan perkembangan tercepat di dunia, merupakan pemimpin pasar di lebih dari 30 negara dan telah terdaftar di Bursa Saham Stockholm. Konon katanya omset penjualan oriflame pernah mengalahkan omset penjualan Microsoft

Nha.  . . . .kira kira bagaimana? berikut ini fakta tentang oriflame sesuai yang tertulis di website resminya :

# Omset Penjualan tahunan melebihi €1.5 miliar
# Memiliki lebih dari 3 juta tenaga pemasaran
# Beroperasi di lebih dari 60 Negara
# Memiliki 7.500 karyawan
# Memiliki katalog yang didistribusikan dalam 40 bahasa
# Memiliki pusat Risat and Development Global dengan lebih dari 100 ilmuwan
# Memiliki unit produksi di Swedia, Polandia, Cina, Rusia dan India
# Co-founder dari World Childhood Foundation
# Memiliki kantor perusahaan di Luxembourg dan Swiss
# Terdaftar di Nasdaq OMX Exchange sejak Maret 2004

Jadi pada dasarnya oriflame jualan barang, untuk mengetahui lebih lanjut, ada baiknya terlebih dahulu simak penjelasan saya tentang apa itu bisnis oriflame.


Apa Itu Bisnis Oriflame?



Bisnis oriflame adalah bisnis menjual produk kecantikan, Oriflame menjual produknya dengan sistem penjualan langsung ke konsumen akhir, tidak ada midleman berjenjang dan sebagai kompensasinya siapapun yang berhasil menarik pembeli maka akan mendapatkan bonus, kita menyebutnya sebagai MLM.

Dalam bisnis normal saya contohkan adalah produk teh botol sosro, maka untuk sampai pada konsumen akhir alurnya adalah sebagai berikut :

-- Pabrik produksi teh sosro
-- Distributor membeli teh sosro dari pabrik
-- Penjual membeli teh sosro dari distributor
-- Anda membeli teh botol sosro

Untuk dapat menjadi distributor atau penjual maka anda diwajibkan memiliki uang dalam jumlah lumayan untuk belanja teh botol sosro dalam jumlah banyak agar mendapatkan harga yang rendah. sehingga pabrik / perusahaan tidak menangung resiko kerugian setelah barang keluar dari pabrik.

Selain harga produksi, setiap jenjang alur distribusi produk tersebut juga dibebani biaya periklanan yang nominalnya bisa jadi sangat lumayan' iklan di tivi berapa kira kira ya ^^

Berbeda dengan bisnis normal, strategi bisnis oriflame mengambilpendekatan yang berbeda dimana produk dijual secara langsung dari pabrik kepada konsumen. Berikut alur bisnis oriflame :

-- Pabrik Oriflame
-- Konsumen Akhir

Nha trus mlmnya dimana? dilihat dari alur distribusi barang arus barang memang secara direct tanpa adanya distributor atau midleman sehingga tidak ada penambahan margin harga pada setiap produk yang dijual karena alur distribusi barang dipotong menjadi sangat sederhana.

Namun begitu bisnis oriflame kuncinya adalah pada jaringan pemasaran, dimana yang menjadi jaringan pemasar (disebut konsultan oriflame) adalah orang yang keliling mencari pembeli bermodalkan katalog gambar gambar produk. Nha nantinya bila konsultan berhasil menjaring pembeli maka akan mendapat bonus langsung dari oriflame.

Pada perusahaan normal jaringan pemasaran menggunakan periklanan untuk menarik minat pembeli, namun pada bisnis mlm digunakan konsultan untuk menarik minat pembeli. Jadi dapat disimpulkan bahwa bila dilihat dari sisi perusahaan bisnis ini murni jualan barang.

Akan tetapi bila kita lihat dari sisi pemasaran maka akan jauh berbeda, dalam perusahaa normal digunakan SPG (Sales Promotion Girl) mereka digaji karena menawarkan barang entah barang itu nantinya akan laku atau tidak. Sedangkan dalam bisnis oriflame konsultan dibayar hanya bila berhasil menjual produk oriflame "entah konsultannya dandan atau tidak".

Dalam dunia bisnis di era modern sekarang ini bisnis normal mlm ataupun bisnis yang lain semuanya hampir sama, karena dijalankan melalui strategy bisnis yang kompleks...

Apakah Bisnis Oriflame Haram?


Nha kita coba jawab pertanyaan terakhir, pertanyaan yang paling sulit dijawab ^^

# Yang saya sudah jelas haram adalah bisnis moneygame, dimana orang terakhir dalam jaringan tersebut dirugikan...banyak kedoknya, bisa dengan asuransi, umroh, dll yang biasanya tidak melibatkan "BARANG"

Nha untuk oriflame sendiri apakah bisnis oriflame haram? silahkan baca sendiri fatwanya...saya ndak memiliki pengetahuan lebih untuk menjawab pertanyaan itu.

Baca fatwa MUI selengkapnya di apakah bisnis oriflame haram atau halal


Last Update:

SHARE THIS

Author:

Hanya seorang ibu rumah tangga yang belajar bisnis online melalui blog dari rumah ditemani oleh si kembar tiga.

0 comments: