28 Des 2016

Daftar Lengkap Istilah Istilah Dalam Internet dan Pengertiannya

Berikut ini daftar istilah istilah dalam internet dan pengertiannya bagi anda yang sedang belajar komputer atau internet secara online.

10 Istilah Dalam Internet Secara Umum


Secara umum terdapat 10 istilah dalam internet yang harus dimengerti dan dipahami oleh pengguna internet pemula :

Browser


Pengertian browser adalah sebuah program atau aplikasi yang digunakan untuk mengakses menampilkan dan menjelajah informasi di internet, Oleh karenanya kita sering mendengar istilah "sedang browsing di internet" yang artinya sedang menjelajah / menelusuri internet.

istilah-internet-browser

Search Engine / Mesin Pencari


Sebuah program di internetyang digunakan untuk mencari dan mengidentifikasi sebuah website melalui kata kunci atau karakter yang ditentukan oleh pengguna, digunakan terutama untuk menemukan situs tertentu di Internet.

Url / Link

Yang sering kita sebut sebagai link pada dasarnya adalah URL (Uniform Resource Locator), sedangkan pengertian URL adalah rangkaian karakter dengan format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu website di Internet.

istilah-dalam-internet-url

Website/ Web

Sebuah halaman informasi yang disediakan oleh seseorang dalam World Wide Web melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama ada koneksi jaringan internet


Download

Proses transfer atau pengambilan data dari internet ke dalam komputer atau perangkat keras lainnya seperti Smartphone dan tablet.

Upload

Proses pengiriman atau transfer data dari komputer, smartphone atau perangkat keras lainnya ke sebuah situs web di internet.

E-Mail

Email adalah surat elektronik, yaitu fasilitas yang digunakan oleh penguna internet untuk mengirim dan menerima pesan dalam bentuk tulisan maupun media gambar.


Login / Masuk

Login adalah kegiatan memasukkan nama pengguna dan password yang sesuai sehingga dapat diotorisasi kemudian masuk dan terhubung ke halaman pribadi pada sebuah web di internet.

Online

Terhubung kedalam suatu jaringan internet sehingga dapat terhubung dengan pengguna lain yang sama sama terkoneksi jaringan internet.

10-istilah-dalam-internet

Medsos / Media Sosial

Medsos adalah sebuah media online yang penggunanya dapat berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan sebuah halaman untuk berbagi informasi. Beberapa media sosiala diantaranya adalah Facebook, Twitter, Instagram.


Istilah Istilah Dalam Internet Marketing



Istilah istilah dalam internet marketing secara umum dapat dijelaskan sebagai berikut :

Online Store

Online Shop atau Online Store adalah istilah bahasa inggris untuk toko online, yaitu toko yang menjual produk produk tertentu dalam internet pada World Wide Web

Belanja Online

Belanja online adalah pembelian barang atau jasa menggunakan media online baik itu internet maupun alat elektronik berupa smartphone dimana pembeli dan penjual berjauhan dan hanya terhubung melalui media teknologi dalam melakukan transaksi.

E-Marketing

Pemasaran Internet atau pemasaran elektronik (bahasa Inggris: Internet marketing, e-marketing, atau online-marketing) adalah segala upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media elektronik atau Internet.

Ad / Ads / Advertisement

Pengertian Advertisement adalah segala bentuk pesan promosi barang, jasa, tempat usaha, dan ide yang disampaikan melalui media dengan biaya sponsorship dan ditunjukan kepada sebagian besar masyarakat. Manajemen pemasaran melihat iklan / Advertisement sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen lainnya dari promosi termasuk publisitas, hubungan masyarakat, penjualan, dan promosi penjualan.

Social Commerce

Social Commerce adalah suatu cara atau system menjual barang secara online melalui melalui media sosial seperti facebook, twitter, maupun Instagram.

Forum

Forum adalah sebuah sarana komunikasi berupa grup diskusi yang terbagi atas sub-sub forum atau tema tertentu, pembagian kategori / tema dibuat untuk memudahkan penggunanya dalam berinteraksi, contoh forum diskusi yang terkenal di indonesia adalah kaskus.co.id

MLM / Multi Level Marketing

Pengertian MLM atau Multi Level Marketing adalah strategi pemasaran berjenjang atau berantai, di mana tenaga penjual (sales) tidak hanya mendapatkan kompensasi atas penjualan yang mereka hasilkan, tetapi juga atas hasil penjualan sales lain yang mereka rekrut

Affiliate Marketing

Pengertian Affiliate Marketing / Afiliasi adalah cara menghasilkan uang dengan menjual produk dari perusahaan atau lembaga pemilik produk (affiliate merchant), dengan bergabung menjadi pemasar produk (affiliate marketers), dan (hanya) dibayar setelah produk terjual.

Banners

Banner adalah salah satu media promosi yang umumnya berbentuk gambar, Banner adalah bentuk online dari Baliho. Banner offline sering kita jumpai di Toko Kaset, Sebuah Event produk, Bank, Mall, dan toko-toko, dari jualan makan sampai Salon hampir semua mempunyai Banner.

SEO

SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization yaitu tindakan yang dilakukan agar website dapat tampil pada halaman pertama mesin pencari seperti google atau bing.

Social Networking

Social Networking adalah kegiatan menjalin hubungan dengan orang lain melalui sosial media yang ada di internet seperti facebook, twitter ataupun media lainnya sehingga orang per orang dapat terkoneksi sebagai sebuah jaringan pertemanan.

Keyword

Pengertian Keyword adalah kata atau rangkaian kata yang dituliskan oleh pengguna internet pada mesin pencari untuk menemukan halaman situs yang informasi dan contentnya sesuai dengan apa yang difikirkan / diinginkan.

Click through Rate (CTR)

CTR adalah alat ukur internet marketing untuk efektivitas iklan dimana CTR memberitahu berapa kali orang melakukan klik pada iklan dari berapa kali jumlah penayangan iklan

Contextual Advertising

Contextual Advertising adalah sebuah fitur yang ditawarkan oleh agen pengiklan seperti facebook ataupun google adsense yang memungkinkan iklan untuk tampil di samping artikel yang terkait dengan keyword si pengiklan. iklan kontekstual berusaha untuk mencocokkan konten Web dengan iklan yang ditampilkan.

Cost per Acquisition (CPA)

CPA (Cost per Acquisition) adalah sebuah model periklanan dimana sang pengiklan/advertiser membayar sejumlah biaya tertentu kepada agen pengiklan apabila pengunjung telah melakukan suatu hal tertentu, seperti membeli ataupun mendaftar.

Cost per Click (CPC)

CPC adalah sebuah metode kerja sama periklanan di internet dimana pemilik situs akan dibayar atas setiap klik pengunjung pada link iklan yang terpasang pada website miliknya

Cost per Impression (CPM)

Cost per impression (CPI) atau "cost per thousand impressions" (CPM)  adalah adalah istilah yang digunakan dalam media periklanan terkait dengan lalu lintas web, dimana pemilik web dibayar apabila telah menayangkan iklan sebanyak 1.000 kali tayangan iklan

istilah-istilah-dalam-internet

Istilah Istilah Internet Lengkap Lainnya


Untuk pengguna yang telah familiar dengan internet, berikut ini istilah istilah internet lengkap lainnya yang mungkin perlu diketahui :

  1. About : Perkenalan / Penjelasan tentang sesuatu
  2. Account : Akun
  3. Admin : Administrator
  4. Adult : Situs Dewasa
  5. Article : Artikel
  6. Attachment : Lampiran File
  7. Bandwidth : Ukuran Kecepatan Internet
  8. Blog Builder : Pemberi Layanan Blog
  9. Blogger : Pengguna Blog
  10. Bookmarks : Menandai / Menyimpan Alamat Link Favorit
  11. Browser : Aplikasi Penjelajah Internet
  12. Cancel : Membatalkan
  13. Captcha : Pemeriksaan Keamanan Dengan Input Karakter Tertentu
  14. CC / Carbon Copy : Tembusan
  15. Chat : Obrolan Online
  16. Comment : Komentar
  17. Connection : Sambungan
  18. Cpanel : Control Panel
  19. Database : Basis Data
  20. Delay : Penundaan
  21. Device : Piranti / Perangkat Elektronik
  22. Domain : Ranah
  23. Download : Unduh / Ambil data
  24. Edit : Mengubah
  25. E-mail : Elektronik Mail / Surat Elektronik
  26. Footer : Bagian Bawah
  27. Hacker : Peretas, Pemodifikasi Data, Perusak Sistem
  28. Header : Bagian Kepala
  29. Home : Beranda
  30. Homepage : Halaman Depan
  31. Hosting : Hosting
  32. Hyperlink : Link / Pranala
  33. Install : Instalasi, Pasang
  34. Interface : Antarmuka
  35. Interference : Interferensi, Gangguan Signal
  36. Internet Service Provider : Penyelenggara Jasa Internet
  37. Keyword : Kata Kunci
  38. Lag : Heng
  39. Link : Taut, Kait, Pautan, Pranala
  40. Load : Muat
  41. Login / Log On : Masuk,
  42. Logout / Log Off : Keluar
  43. Manage : Olah
  44. Navigation : Navigasi
  45. Network : Jaringan
  46. Networking : Jejaring
  47. Newsgroup : Kelompok Warta,
  48. Noise : Derau
  49. Not Found : Tidak Ditemukan
  50. Offline : Luring (Luar Jaringan), Tidak Terhubung, Terputus
  51. Online : Daring (Dalam Jaringan), Terhubung, Tersambung
  52. Passphrase : Frasa Sandi, Kalimat Sandi
  53. Password : Kata Sandi
  54. Paste : Tempel, Rekatkan
  55. Preview : Pratayang, Pratonton, Pratilik
  56. Save : Simpan
  57. Scan : Pindai
  58. Script : Bahasa Program
  59. Search Engine : Mesin Pencari
  60. Seo : Optimasi Mesin Pencari
  61. Server : Peladen
  62. Setting : Setelan,
  63. Share / Sharing : Berbagi
  64. Sign In / Sign On : Catat Masuk, Lihat Login
  65. Sign Out / Sign Off : Catat Keluar, Lihatlogout
  66. Site : Situs
  67. Start : Mulai
  68. Stylesheet : Kode Gaya
  69. Submit : Kirim
  70. Surfing : Berselancar
  71. Switch : Pengalihan
  72. Timeline : Garis Waktu
  73. Tweet : Kicauan, Cericau
  74. Update : Pemutakhiran, Pembaruan
  75. Upload : Unggah, Muat Naik
  76. Url : Alamat Halaman Yang Dituju
  77. User : Penggun
  78. User : Pengguna
  79. Username : Nama Pengguna
  80. Virtual Reality : Realitas Maya
  81. Wap : Web Berbasis Mobile
  82. Web : Web Berbasis Desktop
  83. Webmaster : Ahli Di Bidang Website
  84. Webpage : Halaman Web
  85. Website : Situs Web
  86. Wireless : Nirkabel, Radio
Demikian daftar lengkap istilah istilah dalam internet dan pengertiannya yang penting untuk diketahui sebagai dasar pengetahuan internet.


Last Update:

SHARE THIS

Author:

Hanya seorang ibu rumah tangga yang belajar bisnis online melalui blog dari rumah ditemani oleh si kembar tiga.

0 comments: