26 Des 2016

E Commerce Pengertian E-Marketing Pemasaran Online dalam Internet

Definisi pemasaran elektronik atau disebut sebagai pengertian E-Marketing adalah segala upaya atau tindakan yang dilakukan oleh seseorang untuk melakukan pemasaran suatu produk berupa barang atau jasa menggunakan media elektronik termasuk televisi, radio, maupun internet secara online.

Definisi / Pengertian E-Marketing Secara Umum


Secara umum, pengertian e-marketing adalah pemasaran suatu produk berupa barang dan atau jasa menggunakan media elektronik melalui bentuk periklanan dengan harapan dapat meningkatkan omset penjualan melalui media online dan media berita.

Sebenarnya konsep e-marketing telah lama dilakukan oleh para pelaku bisnis, namun karena kemajuan teknologi yang begitu pesat konsep e-marketing kini dapat dilakukan oleh siapa saja dengan biaya periklanan yang minimal.

pengertian-e-marketing-adalah

Contoh E-marketing konvensional : Iklan di media televisi, iklan di medi cetak berupa koran dan majalah, serta iklan di media radio.

Dahulu' dibutuhkan biaya yang besar untuk dapat melakukan e-marketing dikarenakan biaya periklanan di televisi, radio, maupun koran masih sangat mahal, namun saat ini dengan pesatnya media online baru berupa internet' setiap orang dapat menerapkan konsep e-marketing tanpa dibebani biaya sepeserpun.


Pengertian E-Marketing di era E-Commerce Internet Marketing

Dari sub judul diatas sebenarnya ada 3 istilah yang pemahamannya telah membaur satu sama lain, yang bila diidentifikasi satu persatu adalah sebagai berikut :

E-Marketing : Pengertian E-Marketing adalah upaya pemasaran menggunakan media elektronik seperti telah dijelaskan diatas.

E-Commerce : Pengertian E-Commerce secara bahasa adalah Elektronik Komersial' agak berbeda dengan pengertian E-marketing, namun secara istilah E-Marketing dan E-Commerce adalah perbuatan yang sama, yaitu upaya meningkatkan penjualan menggunakan media elektronik.

Setiap definisi tentu ada ahlinya, makanya kita mengenal kata kata  "Menurut Para Ahli" demikian pula E-Commerce. Berikut ini definisi dan pengertian E-Commerce / E-Marketing menurut para ahli :
  1. Definisi E-Commerce / E-Marketing menurut Laudon & Laudon (1998), E-Commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan computer sebagai perantara transaksi bisnis.
  2. Definisi dari E-Commerce / E-Marketing menurut Kalakota dan Whinston (1997) dapat ditinjau dalam 3 perspektif berikut:
  • Dari perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman barang, layanan, informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer atau melalui peralatan elektronik lainnya.
  • Dari perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi dari teknologi yang
    menuju otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja.
  • Dari perspektif layanan, E-Commerce merupakan suatu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya layanan (service cost) ketika meningkatkan kualitas barang dan meningkatkan kecepatan layanan pengiriman.
  • Dari perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk membeli dan menjual barang ataupun informasi melalui internet dan sarana online lainnya.

Internet Marketing : Pengertian internet marketing adalah pemasaran suatu produk berupa barang ataupun jasa yang dilakukan secara online menggunakan media internet. Dalam proses ini transaksi jual beli produk dilakukan dari jarak jauh dan sistem pembayaran dilakukan dengan mentransfer sejumlah uang baik itu melalui rekening bank maupun dengan uang elektronik.

Bila anda perhatikan' di website matakoin.com terdapat aneka iklan dan banner dengan beragam bentuk yang menawarkan aneka hal menarik, itu adalah salah satu bentuk internet marketing.

Internet marketing memiliki makna yang paling sempit bila dibandingkan dengan e-commerce / e-marketing.

Pengertian E-Marketing Menurut para Ahli

pengertian-e-marketing-menurut-para-ahli

Berikut ini adalah definisi dan pengertian E-Marketing menurut para ahli :
  1. E-Marketing menurut Armstrong dan Kottler (2004) : E-Marketing is the marketing side of E-Commerce, it consists of company efforts to communicate abaout, promote and sell products and services over the internet. E-Marketing adalah sisi pemasaran dari E-Commerce , yang merupakan kerja dari perusahaan untuk mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual produk baik berupa barang maupun jasa melalui media internet.
  2. Menurut Boone dan Kurtz (2005) : E-Marketing adalah salah satu komponen dalam e-commerce dengan tujuan khusus, yaitu strategi bisnis berupa proses pembuatan, pendistribusian, promosi, dan penetapan harga barang dan jasa dalam pangsa pasar internet atau peralatan elektronik dan digital lainnya

Contoh E-Marketing

contoh-e-marketing

Berikut ini adalah beberapa contoh E-marketing yang sering digunakan oleh pengguna internet untuk memasarkan produknya.

Advertisement / Iklan (Contoh E-Marketing)

Kegiatan E-Markeing yang paling mudah adalah melalui periklanan / advertisement, pelaku bisnis cukup membayar biaya iklan kepada penyedia jasa periklanan di internet seperti Facebook dan Adsense atas pemasangan iklan

Sponsorship (Contoh E-Marketing)

Pelaku bisnis memberikan sponsor kepada orang atau website dimana dalam setiap kegiatannya orang / website tersebut menjadi duta produk dari pemilik bisnis (kontrak adidas kepada lionel messi adalah salah satu bentuk sponsorship.

Listings Pada Online Store (Contoh E-Marketing)

Listing atau mendaftarkan produk pada online store global sehingga user dalam online store tersebut dapat melakukan order merupakan salah satu bentuk E-Marketing

Email Marketing (Contoh E-Marketing)

Menawarkan produk baik itu barang maupun jasa melali email atau sms masal adalah bentuk E-Marketing yang lumrah digunakan saat ini.

Partnership / Affiliate Marketing (Contoh E-Marketing)

Affiliasi adalah kerjasama antara produsen dan pihak lain dimana atas setiap konversi penjualan yang terjadi orang tersebut mendapatkan bonus dari produsen, salah satu contoh website affiliasi adalah clickbank.com

Social Networking / Media Sosial (Contoh E-Marketing)

Saat ini setiaporang menggunakan media sosial untuk tetap terhubung dengan teman, saaudara dan keluarga, sosial media sebagai share network merupakan pasar yang sangat besar dalam kegiatan pemasaran elektronik atau E-Marketing.

Contoh Penerapan E-Marketing

contoh-penerapan-e-marketing  

Bila dari apa yang dicontohkan diatas belum cukup jelas maka berikut ini adalah salah satu contoh penerapan E-Marketing yang biasanya kita lakukan tanpa kita sadari :

Sharing Produk Pada Akun Facebook

Saat melihat produk baju murah pada dinding akun facebook milik teman, kadang kadang kita melakukan like atau menshare gambar baju tersebut di dinding facebook kita sendiri.

Tanpa kita sadari sebenarnya kita telah melakukan E-Marketing dengan membagikan gambar baju tersebut di akun kita, setiap kita melakukan share maka seluruh teman kita dapat melihatnya, dengan demikian nilai impression atau penayangan gambar tersebut naik, dan bila memang ada salah seorang teman yang tertarik maka akan ada konversi pembelian produk dari sharing gambar yang kita lakukan.

Tanpa kita sadari kita telah menjadi agen E-marketing produk milik orang lain, itulah contoh sederhana E-Marketing, dari sudut pandang pelaku "Pemilik Usaha Baju" maka penerapan E-Marketing yang dilakukannya telah berhasil.

Menjual Produk Di Kaskus

Kaskus.com adalah salah satu forum diskusi terbesar di Indoesia, selain berdiskusi user pada forum tersebut juga dapat melakukan kegiatan transaksi jual beli, nha menjual dan mempromosikan produk dalam forum diskusi merupakan contoh penerapan E-Marketing.

Menjual Produk Di Online Store

Dengan mendaftarkan produk kita di onlinestore maka kemungkinan adanya penjualan menjadi lebih besar, karena tentu saja pelaku internet berbelanja ya di online store seperti lazada, bukalapak, tokopediadll

Jadi tunggu apa lagi? yuk kita terapkan E-Marketing sekarang" mudah kan?


Last Update:

SHARE THIS

Author:

Hanya seorang ibu rumah tangga yang belajar bisnis online melalui blog dari rumah ditemani oleh si kembar tiga.

0 comments: