4 Jan 2017

Daftar Akun Google Langkah Langkah Membuat Email (Update)

Panduan cara membuat akun google / akun gmail sebagai syarat penggunakan HP android, disertai gambar langkah langkah membuat email gmail.

Pengertian Email


Email adalah akronim dari Electronic Mail atau dalam bahasa indonesia diartikan sebagai surat elektronik, secara istilah Pengeritan Email adalah sebuah layanan internet yang dapat digunakan untuk berkirim pesan baik itu tulisan, gambar, video, maupun file yang ditujukan kepada pengguna email lainnya.

Akun Google


Akun Google adalah master info produk layanan Google, bila user telah memiliki sebuah akun google maka dia dapat menggunakan seluruh layanan yang telah disediakan google baik itu android, playstore, gmail, blogger dan aplikasi google lainnya

Akun Gmail


Gmail adalah layanan email milik google, bila user telah membuat akun gmail maka secara otomatis dia juga telah memiliki sebuah akun google dan sudah dapat mengakses seluruh layanan dan aplikasi milik google.

Alamat Email Pribadi


Alamat email baik itu pribadi maupun yang digunakan oleh perusahaan bentuknya kurang lebih adalah sebagai berikut :
  1. ella@gmail.com (dibaca : ella et gmail dot kom)
  2. matakoin@gmail.co (dibaca : matakoin et gmail dot kom)
  3. ella.matakoin@gmail.com (dibaca : ella dot matakoin et gmail dot kom)
  4. ella_matakoin@gmail.com (dibaca : ella undercourse matakoin et gmail dot kom)
kata, huruf, ataupun kalimat sebelum tanda @ (et) merupakan username / nama akun dimana pengguna bebas memilih nama alamat email pribadi masing masing, namun setelah tanda @ (et) mengikuti nama domain dimana layanan email diberikan, dalam hal ini pemberi layanannya adalah gmail.com

Langkah Langkah Membuat Email


Selanjutnya berikut ini adalah panduan langkah langkah membuat email gmail / akun gmail sehingga kita segera dapat terhubung dalam akun google dan dapat menggunakan fasilitas / layanan yang isediakan oleh google.com (layanan android, playstore, gmail, blogger, google plus dll) :


Gmail.com - Alamat Penyedia Layanan Email Gmail

Url atau alamat web penyedia layanan email gmail adalah http://gmail.com, silahkan klik pada tautan link untuk mengunjungi google mail atau membuat email gmail, anda akan dibawa pada halaman seperti tampak pada gambar berikut :

gmail-address-alamat-gmail
Halaman Gmail untuk membuat akun google

Selanjutnya ubah settingan bahasa ke bahasa yang mudah dipahami (lihat di pojok kanan bawah browser), bila bahasa sudah diubah selanjutnya klik pada buat akun / create account.


Sign Up Gmail Service / Mendaftar Akun Gmail


Selanjutnya anda akan di redirect ke halaman sign up gmail account seperti tampak pada gambar dibawah ini :

gmail-sign-up-form-google-account
Form Pembuatan Akun Google

Nama

Masukkan nama depan di kolom nama depan dan masukkan nama belakang pada kolom nama belakang, bila nama anda lebih dari 2 kata (misalnya nama anda adalah NAYLA AZKIYA MAHESWARI maka masukkan NAYLA AZKIYA  di kolom nama depan kemudian masukkan MAHESWARI di kolom nama belakang)

Pilih Nama Pengguna Akun Gmail

Nama akun gmail bisa dibuat menggunakan huruf, angka, dan titik. Buatlah nama akun gmail yang mudah dimengerti oleh orang lain, contoh : ella@gmail.com, ella.matakoin@gmail.com, ella.cantik@gmail.com.

Hindari penggunaan nama akun gmail seperti : ella.imouet@gmail.com, ell4@gmail.com, ell4.1m03t@gmail.com karena selain orang lain akan kesulitan apabila hendak mengirimkan email, anda sendiri juga akan sulit mengingatnya.


Buat Sandi Akun Gmail

Gunakan sedikitnya 8 karakter Kerumitan Sandi pada email gmail yang anda buat, Jangan gunakan sandi dari situs lain atau sandi yang mudah ditebak seperti tanggal lahir Anda.

Konfirmasi SandiAkun Gmail

Masukkan kembali nama sandi yang sebelumnya telah anda masukkan ke dalam kolom konfirmasi sandi pada form pembuatan email gmail.

Tanggal Lahir

Masukkan tanggal lahir anda

Gender

Gender atau jenis kelamin yang dapat anda pilih adalah Wanita, Pria, Lainnya, Tidak Ingin Memberi Tahu. Pilih salah satu

Ponsel

System gmail memberikan catatan sebagai berikut : Nomor ponsel anda membantu kami melakukan hal hal seperti menjaga akun anda agar aman. Misalnya, kami dapat mengirimkan sms untuk membantu anda mengakses akun jika anda lupa sandi

Masukkan nomer hp anda yang saat ini masih aktif, karena kode aktifasi email gmail akan dikirimkan langsung ke nomer anda. catatan +62 adalah kode negara Indonesia, kita dapat mengganti +62 dengan angka 0 (nol)

Alamat Email Anda Saat Ini

Catatan Gmail : Kami akan menggunakan alamat ini untuk menjaga keamanan akun anda, membantu orang menemukan anda, dan mengirimkan pemberitahuan. Anda bebas mengendalikan fungsi ini melalui setelan akun

Masukkan alamat email anda yang lain bila sebelumnya anda telah memiliki alamat email pribadi. Bila sudah selanjutnya anda tinggal klik pada tombol langkah selanjutnya.

Privasi Persyaratan Akun Gmail

Setelah anda klik pada tombollangkah selanjutnya maka akan keluar pop up privasi persyaratan akun gmail, silahkan dibaca kemudian klik tombol saya setuju di bagian kanan bawah.

privasi-persyaratan-akun-gmail
Google Account Term Of Services


Verifikasi Akun Gmail Melalui SMS / Call

Bila anda telah menyetujui privasi dan peryaratan akun gmail maka tahapan selanjutnya adalah verify your account / memverifikasi akun gmail menggunakan HP.

gmail-verify-your-account
Verifikasi Akun Google / Gmail

Ada 2 pilihan verifikasi akun gmail menggunakan HP yaitu melalui sms dan melalui telpon, untuk kemudahan ada baiknya anda menggunakan layanan sms saja. caranya pilih pada text message (sms) kemudian klik tombol continue.

Tunggu beberapa saat dan kode verifikasi akun gmail akan dikirim ke nomor hp anda, masukkan kode unik tersebut ke kolom Enter verification code kemudian klik tombol continue

Welcome Screen - Pendaftaran Akun Gmail Selesai 

Bila di layar komputer anda telah muncul welcome screen seperti tampak pada gambar di bawah maka anda telah berhasil membuat email baru di gmail / berhasil daftar akun google, selanjutnya klik pada tombol continue to gmail.

gmail-welcome-screen
Selamat Datang di Gmail


Inbox Google Mail / Inbox Gmail

Inbox google mail / inbox gmail tampakseperti gambar dibawah ini, silahkan baca tips yang diberikan oleh tim gmail.

inbox-email-baru-di-gmail
Inbox Gmail Baru Anda

Selesai Membuat Akun Google / Gmail Account

Setelah memiliki alamat email pribadi dan akun google selanjutnya apa?

Dengan memiliki akun google maka kita sudah bisa memanfaatkan seluruh fasilitas yang disediakan oleh google antara lain :

Google.com, android, playstore, gmail, google chat, youtube, google drive, google voice, google store, google map, google earth dan puluhan produk google yang lainnya.

Caranya mudah, tinggal masukkan nama pengguna dan password akun google anda.


SHARE THIS

Author:

Hanya seorang ibu rumah tangga yang belajar bisnis online melalui blog dari rumah ditemani oleh si kembar tiga.

0 comments: