1 Feb 2017

Arti Free Ongkir Dalam Jual Beli Online

Pernah nggak sih kalian para pecinta dunia online menemui istilah ini? Ongkir (ongkos kirim) dan free ongkir (bebas ongkos kirim) ?

Istilah ongkir seringkali kita temui saat berselancar dalam dunia jual beli online. Hampir semua penjual mempromosikan produknya secara online dengan tarif free ongkir atau bebas ongkos kirim, artinya atas biaya pengiriman barang penanggungnya adalah pihak penjual.

Ongkos kirim atau ongkir sendiri merupakan biaya tambahan di luar harga produk yang biasanya dibayarkan oleh pembeli. Ongkos kirim ini berguna sebagai biaya pengiriman barang, pengiriman biaanya dilakukan dengan menggunakan perusahaan jasa pengiriman. Sehingga calon pembeli hanya perlu melakukan transfer ke rekening penjual serta memberikan alamat tujuan dan barangpun akan segera sampai di rumah.

Tarif ongkos kirim biasanya beraneka ragam tergantung dari beberapa faktor, diantaranya adalah berat barang yang di beli, dimensi serta wilayah tujuan pengiriman barang. Untuk beberapa kasus, tarif biaya ongkos kirim justru lebih mahal dari barang yang di beli ini dikarenakan jarak yang di tempuh selama proses pengiriman.

Misalnya penjual yang berada di Jakarta mengirim barang yang di jualnya kepada calon pembeli yang berada di luar Jawa. Namun ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menekan tarif ongkos kirim ini yaitu dengan membeli beberapa produk/barang sekaligus dalam satu kali pengiriman.

Hal ini mungkin dapat menekan biaya ongkos kirim sebab ongkos kirim hanya di akumulasikan satu kali meskipun barang lebih dari satu. Namun di sisi lain, calon pembeli kurang diuntungkan sebab mereka mungkin akan mengeluarkan budget yang lebih karena membeli barang lebih dari satu.

pengertian-free-ongkir-adalah

Arti Free Ongkir / Free Shipping Adalah?

Pengertian free ongkir adalah bebas ongkos kirim, artinya atas barang yang dibeli secara online penjual tidak memungut biaya pengiriman, free ongkir adalah suatu metode promosi dalam jual beli online. Namun demikian saat ini beberapa penjual membebankan ongkos kirim dalam HPP (Harga Pokok Penjualan) kemudian menjual produknya dengan free ongkir, free ongkir yang seperti ini adalah permainan marketing semata, bukan promosi.

arti-free-ongkir

Dalam dunia jual beli secara online, free ongkir merupakan salah satu fitur yang ada dalam sistem pemasaran penjualan online. Free ongkir dapat digunakan oleh penjual sebagai pemikat untuk mendapatkan calon pembeli. Sebab beberapa orang mungkin akan berfikir bahwa dengan adanya “free ongkir” mereka akan diuntungkan karena tidak perlu menambahkan biaya sebagai ongkos untuk pengiriman barang.

Dengan adanya fitur free ongkir ini, calon pembeli tidak perlu berfikir dua kali untuk keep barang yang ready stock meskipun hanya membeli satu item saja. Karena adanya free ongkir secara tidak langsung membuat mereka lebih hemat tentu saja.

Namun beberapa retail bisnis online terkadang mengalami beberapa kekeliruan dalam pemasangan iklan mengenai fitur free ongkir ini. Adanya free ongkir sesungguhnya justru akan membuat penjual mengalami kerugian. Bagaimana tidak, jika tarif biaya untuk ongkos kirim ditanggung sendiri oleh penjual tanpa memperdulikan jarak tempuh maupun berat barang misalnya, penjual akan mengalami minus atau kerugian. Nah, untuk menghindari hal tersebut apa yang perlu dilakukan oleh pihak penjual?

Free Ongkir apakah Merugikan Penjual?


Dengan cara ini meskipun penjual memasang promosinya dengan gembar-gembor free ongkir. Penjual sesungguhnya tetap tidak akan mengalami kerugian. Sebab harga jual yang dipatok telah diakumulasikan dengan harga jual normal beserta akumulasi dari ongkos kirim.

Misalnya harga sepotong pakaian adalah 50 ribu rupiah, ditambah biaya ongkir sebesar 15 untuk regional yang sama. Maka pihak penjual dapat memasang harga 65 ribu rupiah agar penjualannya tidak minus/merugi meskipun menggunakan fitur free ongkir. Cara ini terlihat cukup efektif, namun beberapa kasus mungkin pihak pada penjual tetap mengalami sedikit minus jika jarak pengiriman terlampau jauh, hingga ke luar pulau misalnya.


Berikan penawaran khusus untuk mendapatkan free ongkir


Cara lain yang dapat dilakukan oleh pihak penjual ialah dengan memberikan penawaran khusus seperti buy three get one. Namun jika penawaran ini justru akan memberatkan pihak penjual maka penjual dapat menggantinya dengan paket lain. Misalnya calon pembeli baru akan mendapatkan free ongkir jika membeli barang minimal 3 item.

strategi-free-ongkir

Hal ini dapat memberikan keuntungan ganda bagi pihak penjual. Pertama, penjual hanya perlu mengeluarkan sekali biaya ongkos kirim untuk beberapa item yang dikirim. Kedua, penjual diuntungkan karena barang yang di jual akan lebih cepat terjual karena calon pembeli melakukan pembelian ganda. Hal ini tidak hanya berlaku pada satu pembeli saja, melainkan bagi semua pembeli.


Perhatikan faktor regional dalam memberikan fitur free ongkir


Meskipun fitur free ongkir dapat diberlakukan untuk seluruh wilayah tanpa memperhatikan jarak tempuh pengiriman. Tetepi buat kamu pemiliki retail jual beli online sebaiknya perlu memperhatikan point ketiga ini. Karena tarif biaya ongkos kirim tentu berbeda dari satu wilayah ke wilayah lain. Namun hal ini tetap dapat di siasati dengan cara memperhatikan faktor regional.

Misalnya, ranah konsumen kamu berada di suatu cakupan wilayah yang ternyata masih satu paket pengiriman atau satu rute, kamu dapat mamanfaatkan cara berikut. Jika kamu si penjual online tinggal di Jawa Timur misalnya dan konsumen terbanyak pembeli produk yang kamu tawarkan adalah warga Jawa Timur. Kamu bisa memberikan penawaran “free ongkir untuk wilayah Jawa Timur. Hal ini akan membuat calon pembeli semakin bersemangat tentu saja.

Lalu bagaimana dengan calon pembeli yang berada di luar wilayah Jawa Timur? Ada alternatif lain. Misalnya kamu dapat memberikan potongan harga bagi mereka yang tinggal di luar Jawa Timur.

Nah, pertanyaannya, apakah pemberian fitur free ongkir ini membuat suatu prosuk jauh lebih cepat terjual? Jawabannya "relatif", bisa iya bisa tidak. Free ongkir hanyalah sebuah fitur atau salah satu stretegi pemasaran. Namun yang umum menjadi penilaian calon pembeli sebelum berbelanja ialah harga dan juga kualitas barang. So, buat kamu pemiliki retail jual beli online, pikirin dulu ya sebelum memberlakukan fitur free ongkir ini.
Last Update:

SHARE THIS

Author:

Hanya seorang ibu rumah tangga yang belajar bisnis online melalui blog dari rumah ditemani oleh si kembar tiga.

0 comments: