31 Mar 2017

Tips Menjalankan Bisnis Kue Kering Jelang Lebaran

TIPS MENJALANKAN BISNIS KUE KERING JELANG LEBARAN
Bisnis kuliner ialah bisnis yang tiada matinya. Bisnis kuliner merupakan bisnis yang tetap ada dan terus mengalami krestifitas dan inovasi terbaru. Bisnis kuliner menjadi bisnis yang paling banyak dicari karena kebutuhan. Dengan sentuhan modern, kemasan menarik, tempat yang unik akan mendatangkan cutomer yang tertarik.
Bisnis kuliner yang cukup menjanjikan ialah bisnis kue kering. Terlebih saat menjelang lebaran, dimana kue kering akan menjadi wajib untuk suguhan para tamu yang berkunjung. Dengan banyaknya peminat kue kering jelang lebaran tentu akan mendatangkan omzet yang besar pula. Mayoritas penduduk Indonesia memeluk agama islam, menjadikan bisnis kue kering memiliki banyak pesaing.
Bagi Anda yang memiliki niat membuka bisnis kue kering ini, Anda harus paham bahwa bisnis ini memiliki banyak pesaing. Anda harus memiliki berbagai kiat untuk mewujudkan bisnis Anda. Berikut kiat memulai usaha bisnis kering:
Perencanaan
Dalam membuat bisnis semua memiliki perencanaan yang matang. Perencanaan meliputi beragam hal mulai dari modal, target pasar, produk yang dijual, pemasaran dan sebagainya. Perencanaan memiliki poin penting sebagai penunjuk arah bisnis Anda. Perencanaan memiliki fungsi untuk mengatur bisnis Anda agar tidak keluar dari rencana.
Modal
Semua hal yang berbau bisnis tentu membutuhkan dana/modal. Modal dapat Anda perkirakan dengan menghitung pembelian dan segala pengeluaran dari sebuah produk ditambah dengan keuntungan yang ingin Anda dapatkan. Anda dapat mengukur produk yang Anda jual dengan modal yang Anda miliki.
Bidik Pasar
Bidik pasar ialah target yang Anda pilih sebagi customer Anda.  Target customer pertama Anda mulailah dari orang terdekat saudara, tetangga dan teman. Untuk awal akan lebih baik jika Anda memberikan sedikit sampel produk Anda.
Pilih produk kue
Produk yang ingin Anda jual haruslah memiliki berbagai kriteria yang dibutuhkan pasaran. Mulai dari trend kue kering, kue kering yang paling banyak diminati, hingga kue kering dengan harga terjangkau berbagai kalangan. Anda pun dapat membuat kreasi dengan resep Anda.
Inovasi produk
Jangan takut untuk membuat suatu inovasi sebuah produk. Banyak orang yang ingin memiliki produk kue dengan tampilan yang baru dan cita rasa yang unik. Poin inilah yang dapat Anda jadikan untuk semakin mencoba beragam eksperimen dan menciptakan kreasi yang baru. Dengan inovasi kue kering Anda dapat menyasar target pasar yang berbeda dari pebisnis lainnya seperti kue kering untuk diet, kue kering untuk penderita diabetes dll. Cara ini dapat menambahkan nilai jual produk Anda.
Penampilan yang menarik
Don't judge people by the cover, nampaknya quotes tersebut tidak berlaku bagi sebuah bisnis kuliner. Dimana cover atau penampilan dapat membantu menarik perhatian customer. Tampilan yang menarik, berbeda dari yang biasanya akan memunculkan rasa penasaran bagi customer. Anda dapat berkreasi dengan bentuk yang unik dan menarik bagi produk Anda.
Penampilan yang menarik juga berlaku pada kemasan produk. Selain mempercantik bentuk produk, Kemasan pun harusnya memiliki kemasan yang minimalis namun terkesan rapi. Banyak pilihan toples kedap udara yang dapat Anda pilih sebagai kemasan dan tambahkan merk dagang Anda. Pada kemasan cantumkan brand atau merk dagang Anda, ini akan membantu promosi Anda agar produk Anda lebih banyak dikenal.
Daur hidup produk
Daur hidup yang dimaksud ialah batas aman konsumsi alias kadaluarsa. Anda harus paham dan tahu kapan batas aman konsumsi produk Anda. Cantumkan tanggal kadaluarsa pada kemasan.
Jangan berbuat curang
Demi meraup rupiah yang besar, banyak orang yang berbuat curang dengan berbagi cara. Terlebih memangkas biaya bahan baku dan menggantti bahan baku dengan bahan yang tak layak konsumsi. Tentu hal semacam ini tidak baik untuk bisnis Anda dan kesehatan customer. Perlakukan customer seperti Anda memperlakukan diri sendiri. Pilih bahan baku yang baik dan sesuaikan dengan modal Anda
Citarasa
Selain penampilan, hal yang penting lainnya ialah rasa dari kue kering itu sendiri. Rasa menjadi penting apabila sudah dimakan dan dirasakan. Rasa juga dapat menjadi penentu laku tidaknya produk yang Anda jual. Dengan rasa yang konsisten, membuat bisnis Anda akan bertahan lama.
Pemasaran
Kekuatan sebuah bisnis terletak pada cara pemasarannya. Ada banyak cara untuk memasarkan produk Anda. Yang kini menjadi populer ialah memasarkan melaluli sosial media. Kekuatan internet dapat menyatukan beragam orang dari wilayah manapun. Hal ini yang dapat Anda jadikan tonggak pemasaran Anda. Dengan pemasaran melalui dunia internet banyak customer yang akan terbantu membeli kue kering tanpa harus keluar rumah. Namun, bukan tanpa kendala pemasaran dengan sosial media juga harus memiliki keuletan tersendiri terlebih menanggapi customer, foto produk yang sesuai dengan barang dll.
Apabila produk Anda sudah banyak yang kenal maka Anda dapat melebarkan produk Anda dengan menitipkan ke supermarket, jasa pembuatan parcel hingga hantaran pernikahan. Akan lebih baik jika Anda memiliki toko online untuk lebih meluaskan pemasaran Anda di media sosial.
Percaya diri
Percaya diri merupakan hal yang berasal dari jiwa pribadi Anda. Jangan takut produk Anda tak laku dan gagal. Anda harus memiliki jiwa percaya diri untuk meyakinkan customer dengan produk Anda.
Kue kering kadang bersifat musiman, terlebih menjelang lebaran. Akan lebih baik jika Anda memulai sebelum menjelang puasa dan melakukan beragam promosi dengan memberikan banyak promo. Dengan beragam produk yang Anda jual menarik dan unik, produk kue kering dapat menjadi bisnis Anda hingga kedepannya tanpa menunggu musim lebaran.
Pikirkan baik-baik produk yang Anda jual, mulailah memulai bisnis kue kering dengan melakukan berbagai survey, seperti bahan baku, target konsumen, maupun pesaing. Dengan memperhatikan hal seperti ini, Anda dapat melakukan perencanaan yang lebih matang untuk bisnis Anda.
Yuk, berbisnis dengan cermat dan cerdas!


SHARE THIS

Author:

Hanya seorang ibu rumah tangga yang belajar bisnis online melalui blog dari rumah ditemani oleh si kembar tiga.

0 comments: