31 Mar 2017

Cara Memulai Bisnis Online Shop


MEMULAI BISNIS OLSHOP
Bisnis olshop saat ini berjamuran dan sering kita lihat diberbagi media soosial. Mulai dari skala besar hingga skala kecil. Bahkan kini bisnis olshop dapat dijadikan bisnis sampingan dan dapat dikerjakan siapapun termasuk anak sekolah. Bisnis online shop dianggap lahan berbisnis yang mudah dan dengan modal yang sedikit. Tanpa membutuhkan lahan berjualan, dengan memanfaatkan smartphone dan komputer saja Anda dapat membangun bisnis online shop Anda. Bahkan kalau Anda ingin berbisnis online shop namun, tak memerlukan biaya cukup menjadi reseller saja Anda sudah mendapat keuntungan.
Hanya bermodal produk yang telah Anda produksi dan dengan kriteria yang Anda tampilkan bersamaan produk tersebut. Dengan satu 'klik' Anda telah menjual produk kepada customer. Transaksi yang dilakukan melalui internet kini semakin diupgrade sehingga keamanan dalam jual-beli dijamin kerahasiaannya.
Tentu dengan semakin dimudahkannya pengusaha dalam berbisnis, semakin banyak pula pesaing yang memiliki pola pikir yang sama sehingga Anda yang memiliki bisnis online wajib memiliki tips dan trik berbisnis online. Mungkin berbisnis online terdengar mudah, namun apabila Anda tidak memiliki target maka bisnis Anda akan tidak terkonsep dan terkendali.
Namun, memulai bisnis online shop tidaklah mudah, Anda harus memiliki persiapan yang baik. Berikut cara memulai bisnis online shop:
Modal
Semua pebisnis haruslah memiliki modal. Sekalipun Anda hanya menjadi reseller yang notabene-nya hanya menjualakan kembali, Anda tetap harus memiliki modal yakni handphone dan kuota internet. Bagi Anda yang memulai bisnis online tentukan produk apa yang ingin Anda jual kemudian kalkulasikan berapa keuntungan yang akan Anda inginkan. Kelebihan berbisnis online ialah tidak bermodal besar, hanya dengan hitungan ratusan ribu saja Anda sudah dapat memiliki bisnis online. Untuk omzet, tergantung Anda sendiri yang menentukan berapa persen keuntungan yang ingin Anda dapatkan tiap produk.
Produk
Dalam pemilihan produk yang akan Anda jual, akan lebih baik apabila produk tersebut ialah produk yang Anda sukai. Karena dengan Anda menyukai barang tersebut Anda benar-benar paham seluk-beluk produk tersebut. Bagaimanapun, customer yang kritis akan banyak bertanya dengan produk yang Anda jual. Sehingga Anda dapat memberikan penjelasan dan memberikan solusi ataupun pilihan kepada customer. Produk yang Anda jual lebih baik jika barang tersebut memiliki banyak peminat, barang yang laku sepanjang masa dan tidak memiliki stok barang yang berlebihan(bagi pemula).
Rekening bank dan mutasi bank
Rekening bank sangat penting bagi pebisnis online. Anda harus memiliki rekening khusus untuk tempat transaksi dan pastikan Anda mengaktifkan online banking. Customer dapat mentransfer pembelian kapanpun, sehingga Anda tak perlu setiap saat mengecek ke ATM. Internet banking menudahkan Anda melihat atau memeriksa apakah customer telah melakukan pembayaran atau belum, sehingga selanjutnya Anda dapat mengirim barang yang telah dipesan customer.
Media
Media merupakan wadah tempat Anda menjualkan produk Anda. Media yang di maksud ialah sosial media (instagram, facebook, twitter, blog dsb) atau online chatting (line, whatsApp, bbm, dsb), atau bergabung dengan marketplace (tokopedia, zalora, lazada dsb). Atau Anda yang ingin memiliki media sendiri, Anda dapat membuka/membangun sebuah web produk Anda sendiri. Pilihlah media yang cocok bagi Anda dan tentunya menguntungkan bagi Anda.
Promosi
Promosi merupakan hal yang penting, karena dengan promosi Anda menarik perhatian customer yang dapat membeli produk Anda. Promosi dapat dilakukan dalam berbagai cara, salah satu yang kini populer ialah endorse (dimana Anda membayar seorang model yang memiliki followers banyak untuk mempromosikan produk Anda), membayar iklan di media sosial, posting produk Anda diberbagai akun sosial media, dan masih banyak cara yang dapat digunakan untuk melakukan promosi.
Presentasi produk juga mempengaruhi promosi produk tersebut. Sebutlah gambar/foto produk yang dibuat semenarik mungkin, foto produk Anda dengan metode profesional. Presentasi kriteria produk juga dapat meningkatkan peminat untuk membeli produk Anda. Salah satunya ialah menggunakan kalimat iklan yang menarik namun tetap mempresentasikan produk Anda.
Partnership
Partnership atau kerjasama dapat membantu meringankan kerja Anda. Kerjasama yang dimaksudkan ialah sponsor ataupun dukungan dari berbagi pihak. Sebut saja Anda bekerjasama dengan jasa pengiriman barang yang walau bukan skala besar, namun kedua belah pihak tetap memiliki keuntungan. Atau mungkin kerjasama dengan berbagai produk untuk menambah koleksi produk Anda. Dalam hal ini partnership dapat dilakukan dalam bentuk apapun, mulai dari jasa iklan hingga jasa antar barang.
Friendly
Sikap terhadap customer juga menjadi penunjang dalam kegiatan berbisnis, terlebih bisnis online. Setiap transaksi membutuhkan penjelasan dari seller ataupun buyer. Terlebih soal produk yang Anda jual, tentu customer membutuhkan beragam info tentang produk yang Anda jual, stok Anda, biaya pengiriman, cara pembayaran, cara pengiriman ataupun sebaginya. Anda haruslah menjawab customer Anda dengan ramah dan menyenangkan sehingga customer akan ketagihan dengan pelayanan yang Anda berikan.
Memulai bisnis online shop tetap memiliki hal-hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan. Anda yang memulai bisnis online shop tak perlu takut, karena memulai bisnis online shop sangat mudah dijalankan. Bisnis online shop dapat dikatan sebagi bisnis yang tak berujung, dimana siapapun dapat melakukannya muali dari ibu rumah tangga, karyawan hingga anak sekolah dapat melakukannya. Bisnis online shop skala kecil dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun, menyesuaikan jadwal Anda. Bisnis onlie butuh kesabaran dan semangat kerja yang tinggi terlebih bagi Anda yang pemula. Try and Regret better than not Try and Regret!



SHARE THIS

Author:

Hanya seorang ibu rumah tangga yang belajar bisnis online melalui blog dari rumah ditemani oleh si kembar tiga.

0 comments: