31 Mar 2017

Facebook Marketing



Facebook marketing
Facebook adalah sarana sosial yang menghubungkan orang – orang dengan teman dan rekan mereka. Dengan facebook kita bisa berkomunikasi dengan teman – teman lama yang juga sama memiliki akun facebook. Banyak yang bisa dilakukan dalam berkomunikasi dengan facebook. Anda bisa bertukar video, foto dan biosa berteman dengan orang yang belum pernah kita kenal.
Facebook memiliki banyak fitur yang bisa pengguna gunakan. Fitur ini dimaksudkan agar para pengguna facebook tidak merasa bosan saat menggunakan facebook. Fitur facebook ini beranekaragam antara lain :
•    Facebook feature
-    Update status -> pengguna facebook dapat menuliskan segala macam uneg – uneg dalam perasaan anda atau mengungkapkan keinginan anda. dalam penulisan status tentunya menggunakan tulisan yang ringan dan tidak mengandung sara atau sindiran yang merugikan banyak pihak, karena media sosial ini memiliki peraturan yang harus disetujui.
-    Message / pesan -> pengguna facebook juga dapat melakukan pengiriman pesan kepada teman facebook lainnya menggunakan fitur ini.
-    Chat / obrolan -> selain bertukar pesan pengguna facebook juga dapat melakukan chat langsung pada fitur chat atau obrolan
-    Photos / foto -> dapat mengupload foto terbaru anda dan menyimpannya pada album foto
-    Videos / Video -> selain foto pengguna juga dapat mengupload video
-    Wall / dinding -> ruang tempat sesama pengguna untuk mengirim pesan secara terbuka.
Selain fitur – fitur diatas facebook juga memiliki menu berupa kolom komentar dalam wall / dinding dan pengguna juga bisa menggunakan menu emoji pada fitur pesan. Pengguna facebook juga dapat membuat fanpage facebook untuk blog ataupun pribadi. Pengguna akan menemukan menu dibawah pada saat informasi atau artikel yang telah dishare ke fanpage facebook.
Pengertian facebook marketing
Dalam facebook terdapat juga dunia marketing atau lebih dikenal dengan facebook marketing. Tahukan anda apa facebook marketing?
Facebook marketing atau facebook ads adalah sarana atau fasilitas beriklan yang disediakan media sosial facebook. Fitur ini diperuntukkan pengguna sebagai lahan promosi informasi yang berbau bisnis online. Teknologi berbasis internet saat ini kian berkembang dan ada banyak situs media sosial yang beroperasi salah satunya adalah facebook. Facebook memiliki keunikan dan juga kelebihan, tak jarang pengguna facebook melakukan bisnis online melalui media sosial ini, karena facebook merupakan sarana yang sangat bermanfaat sebagai alat pemasaran. Berbisnis online di facebook tentunya harus menggunakan strategi facebook marketing. Tujuan melakukan facebook marketing adalah agar cepat mendapatkan prospek atau penjualan bisnis pengguna meningkat. Adapun strategi facebook marketing yang bisa pengguna terapkan adalah :
1.    Buat profil facebook dengan foto pribadi dan foto bisnis
Buat profil dalam facebook anda dengan menggunakan kombinasi personal foto anda dan bisnis anda. Tambahkan cover dari bisnis yang anda geluti dengan begitu akan memberikan prospek agar pengguna lain tahu akan bisnis anda.
2.    Add teman dengan mencari digroup
Lakukan add atau mencari teman sebanyak – banyaknya bisa dari group facebook yang berhubungan dengan bisnis anda.
3.    Lihat group yang relevan dengan bisnis anda
Cari dan pilihlah group facebook yang relevan dengan bisnis anda, tak semua gruop mengijinkan untuk memberikan postingan promosi pada wall / dinding. Pilih group yang dapat digunakan untuk posting jualan dan membangun hubungan dengan yang ada pada group dan buatlah iklan semenarik mungkin sehingga memancing orang yang digroup untuk mengunjungi postingan anda.
4.    Buat group facebook
Selain bergabung digroup buatlah group sendiri agar anda dengan mudah invite teman untuk bergabung dengan group anda.
5.    Posting video dan artikel di wall group anda
Buatlah postingan yang tidak membosankan bagi group anda selain postingan bisnis gunakan juga postingan yang sifatnya menghibur sehingga member group anda tidak akan kabur.
Manfaat dan kelebihan facebook Marketing
Strategi facebook marketing yang telah diterapkan tentunya akan membuahkan hasil yang sangat bagus bagi bisnis online. Banyak manfaat dan kelebihan yang bisa kita dapatkan juga dari facebook marekting. Pengen tau? Berikut penjelasannya
•    Biaya murah
Biaya menjadi salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam berbisnis dan kegiatan pemasaran. Facebook marketing sangat membantu penggunanya untuk menyebarkan bisnis anda dari jenis usaha, produk, dan promosi jasa dengan ongkos yang relatif murah. Dan facebook merupakan bisnis online yang bisa digunakan tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun.
•    Menyebarkan informasi mengenai usaha
Facebook adalah tempat yang tepat dan cocok untuk mempublikasikan segala bisnis anda.
•    Penjelasan cukup melalui update status
Facebook marketing adalah cara untuk melakukan aktivitas berupa update status. Anda bisa mempromosikan produk anda dengan update status yang akan muncul pada wall terbuka sehingga dapat dibaca oleh siapa saja yang menjadi teman anda.
•    Update gambar produk dan video
Tak hanya gambar atau foto produk saja yang bisa anda posting tapi anda juga bisa memosting sebuah video tentang kejelasan dari produk anda, sehingga sangat membantu bagi calon pembeli mengenai kejelasan detail produk anda.
•    Mudah menjaring dengan fasilitas tagging
Tagging adalah fasilitas yang disediakan Facebook untuk memberitahu teman tertentu mengenai status bisnis anda.
•    Berkomukasi dengan pelanggan
Facebook berperan memberikan fasilitas berkirim pesan dengan sesama teman FB, pesan yang dikirim dapat langsung dibalas dengan bentuk chatting. Sehingga anda dapat berkomunikasi mudah dengan pelanggan bisnis anda.
•    Layanan pelanggan
Manfaatkan semua fitur komunikasi pada facebook anda sebagai sarana layanan pelanggan. Agar pelanggan yang membutuhkan informasi dapat memperoleh pesan dengan cepat.
•    Informasi dapat dengan mudah menyebar
Facebook merupakan ruang yang luas untuk berbagi dan sharing mengenai semua hal,  termasuk dalam berbisnis online. Dengan layanan facebook ini segala informasi bisnis anda akan mudah tersebar.
•    Meningkatkan kepercayaan pelanggan
Facebook memiliki fasilitas yang cukup menarik yang dapat memberikan kepercayaan pelanggan akan bisnis anda. Layanan ini dinamakan  “ Like “ . semakin banyak “ Like “ semakin banyak pula pengunjung percaya akan produk bisnis dan juga pelayanan anda.
Demikian penjelasan facebook marketing yang sangat banyak memberikan banyak keuntungan dan manfaat untuk pemilik bisnis online.
                                    By : Juwita




SHARE THIS

Author:

Hanya seorang ibu rumah tangga yang belajar bisnis online melalui blog dari rumah ditemani oleh si kembar tiga.

0 comments: