31 Mar 2017

Kelebihan dan Kekurangan Menabug di Bank


Kelebihan Dan Kekurangan Menabung Di Bank
 Bank adalah satu diantara banyak tempat untuk menyimpan uang dan bisa juga dijadikan tempat investasi yang tingkat keamaannya sangat tinggi. Disamping aman, bank juga bisa memberikan kita keuntungan dengan menjadi nasabahnya, sering kita dengar orang orang yang ingin membuka usaha atau pengusaha sekalipun mendapatkan modal dari bank untuk berinvestasi, banyak sekali keuntungan keuntungan yang akan kita dapatkan jika dapat bekerjasama dengan bank,  namun bukan berarti dengan menjadi nasabahnya itu tidak punya kekurangan, semua pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing namun itu tergantung bagaimana cara kita menyikapinya. Dan kelebihan dan kekurangan inipun berlaku untuk bank-bank swasta seperti : BNI, Mandiri, BRI, BPR, Bank Permata, Bank BJB, BTN, Bukopin, BCA, Bank Mega, OCBC, NISP, Danamon, CIMB, May Bank, Bank Sinarmas, dan lainnya.
Kelebihan/ Manfaat Menabung Di Bank
1.    Dengan menabung di bank kita mendapatkan manfaat seperti bungan bank, meskipun tidak semua orang setuju dengan bunga bank, namun dari kebanyakan orang bunga bank itu menjadi magnet daya tarik untuk menabung di bank. Jika anda ingin mendapatkan bunga bank maka pilihlah bank yang sesuai dengan bunga yang anda inginkan, jadi itu semua tergantung pilihan anda, karena masing-masing bank menawarkan bunga yang berbeda beda, misalkan saja antara BNI dan BRI kedua bank ini memiliki bunga bank yang beda.
2.    Keamanan  uang yang ada di bank akan terjamin. Hal ini dikarenakan semua bank sudah bekerjasama dengan lembaga penjamin simpanan (LPS), yang dimana LPS akan menjamin 100% keamanan uang anda, jadi jangan takut uang anda akan hilang, berapapun jumlah yang kita tabung. Dibanding anda menyimpan uang dirumah yang tidak terjamin kemanannya, untuk itu simpan uang anda di bank, lokasi bank sendri juga mudah untuk kita dapatkan.
3.    Dengan menyimpan uang anda di bank, bukan berarti anda tidak dapat mengambilnya dalam waktu dekat, uang anda akan dapat diambil kapanpun anda mau dan kapanpun anda membutuhkan uang itu, tidak perlu repot datang ke bank pusat, anda dapat mengambilnya di cabang cabang terdekat.
4.    Anda akan dipermudah untuk mengambil uang anda kembali, dengan adanya ATM menabung dan mengambil uang yang ada di bank akan menjadi sangat mudah. Anda dapat mengambil uang anda kapanpun anda mau, baik pada waktu siang, sore atau malam, dihari kerja atau dihari libur, ATM juga membantu anda untuk melakukan pembayaran semisal kredit tanpa harus membawa langsung uang cash ke kantor pembayaran tersebut, anda juga akan dapat melakukan pembelian secara online dengan melakukan transaksi melalui ATM, jadi tidak perlu repot untuk mengeluarkan uang saku yang ada di dompet anda.
5.    Memudahkan transaksi, tabungan memudahkan anda untuk bertransaksi dalam jumlah yang sedikit maupun besar, misalkan anda ingin membeli rumah atau gedung, anda tidak perlu membayar tunai, anda hanya perlu menggunakan setoran rekening tabungan dan transfer antar bank atau sesama bank, dan keamanan dalam transaksi ini sangat dijamin. Transaksi melalui ATM juga dapat mempunyai banyak manfaat, selain sedikit orang yang mengetahuinya, juga tepat dalam jumlah yang ditransaksikan, sebab jika banyak orang yang mengetahuinya, hal itu akan mengundang kejahatan perampokan dan tentu saja repot hitungnya jika menghitung secara manual.
Nah, seelah kita membahas kelebihan dari menabung di bank, sekarang kita akan membahas kekurangan menabung di bank.
Kekurangan Menabung Di Bank
1.    Resiko menabung di bank, akan dikenakan biaya administrasi setiap bulannya, menabung di bank atau di perusahaan mana saja pasti akan dikenakan yang namanya biaya admin, khusus biaya admin di bank akan ada potongan setiap bulannya. Meskipun anda tidak melakukan setoran awal untuk pembukaan buku, tabungan anda akan tetap berkurang, kemudian apabila saldo anda kosong maka akan minus hingga secara otomatis nomor rekening anda akan ditutup. Hampir sama dengan bunga bank, biaya admin antara bank yang satu dengan bank yang lain itu berbeda, tergantung jenis tabungannya. Contohnya tabungan haji, maka tidak ada potongan admin dan juga tidak akan mendapatkan bunga bank.
2.    Bunga yang diberikan jumlahnya kecil, apabila anda ingin mendapatkan keuntungan yang cepat dari bunga bank, sebaiknya anda berpikir kembali, karena bunga yang akan kita dapatkan di bank sangatlah kecil, membutuhkan kesabaran untuk menunggu agar bunga bank terkumpul banyak. Jika anda ingin segera mendapatkan keuntungan sebaiknya gunakan uang anda untuk berinvestasi karena itu lebih baik dibanding harus menunggu bunga dari bank.
3.    Tidak diperkenankan mengambil uang dengan jumlah yang banyak secara mendadak , pada saat anda membutuhkan uang yang banyak untuk liburan, pernikahan dan yang lainnya maka resiko menabung uang di bank akan terasa, karena anda tidak dapat mengambilnya dalam jumlah yang banyak dan ini berlaku di seluruh bank di Indonesia, jumlah uang yang dapat diambil dari ATM itu dibatasi, untuk saat ini banyak bank yang memberikan peraturan bahwa jumlah uang yang boleh diambil dalam sehari adalah Rp 5.000.000
4.    Uang tidak akan berkembang, dengan menabung di bank berarti anda sudah menentukan nasib uang anda untuk tidak berkembang, karena dengan menabung uang di bank anda tidak mempunyai kesempatan untuk berkembang, berbeda kalau anda mempergunakan uang tersebut untuk berinvestasi dolar atau dengan membeli emas lalu menjualnya ketika harganya sudah naik, tetapi semua tergantung pada diri anda, masing-masing orang mempunyai kecocokan dan ketidakcocokan, jika anda cocok untuk menabung di bank dan tidak memiliki jiwa investasi, maka sebaiknya anda menabung di bank. Namun jika anda memiliki jiwa investasi, maka sebaiknya jalan yang cocok untuk anda adalah berinvestasi.


SHARE THIS

Author:

Hanya seorang ibu rumah tangga yang belajar bisnis online melalui blog dari rumah ditemani oleh si kembar tiga.

0 comments: