31 Mar 2017

Peluang Bisnis Franchise


PELUANG BISNIS FRANCHISE
Peluang usaha franchise kini banyak peminatnya, dengan modal besar dan cepat kembali modal membuat banyak pelaku usaha melirik bisnis franchise. Usaha franchise dapat kita temui dimanapun seperti makanan, minuman, jasa hingga pelatihan pun memiliki franchise.
Konsep bisnis franchise ini memungkinkan pelaku usaha yang baru memiliki modal mampu membuat usaha bisnis dengan merk orang lain, namun keuntungan seutuhnya milik diri pribadi.
Apa itu Franchise?
Franchise dalam Bahasa Indonesia kita kenal sebagai waralaba. Definisi franchise ialah "usaha kerjasama dimana pelaku usaha atau seseorang membeli hak produksi dan atau penjualan produk bisnis tertentu berdasarkan kesepakatan". Franchise diperkenalkan Isaac singer tahun 1850 dengan produknya yakni mesin jahit. Sedangkan di Indonesia sistem franchise diperkenalkan mulai tahun 1950.
Bisnis waralaba/franchise banyak jenisnya, mulai dari yang modal kecil hingga modal yang besar. Contohnya bisnis waralaba Indomaret, supermarket yang satu ini populer dimana-mana dan tersebar hampir di seluruh wilayah kota di Indonesia. Indomaret merupakan bisnis franchise yang bermodal besar yakni Rp. 410 juta tentu harga yang mahal tidak cocok bagi Anda yang pemula dan bermodal kecil. Namun, tenang saja karena banyak bisnis franchise yang bermodal kecil mulai dari Rp. 5 juta keatas.
Perlu diketahui bisnis franchise menggunakan sistem membeli sebuah brand tertentu dengan membayar royalty fee sebagai bagaian jaringan bisnis franchise yang dibayarkan setiap bulan dari penjualan kotor. Ataupun biaya promosi bagi pembeli franchise kepada pemilik yang dibayar 3% dari hasil penjualan, namun tidak semua pemilik meminta fee untuk promosi produk.
Tips Memilih Bisnis Franchise Modal Kecil
Bagi Anda yang pemula, bisnis franchise modal kecil tentu sangat cocok dengan modal Anda. Namun, bagi Anda yang bermodal besar tak menutup kemungkinan Anda memilih franchise dengan modal yang besar.  Adapun tips untuk memilih bisnis waralaba bermodal kecil:
Pilihlah waralaba yang mudah dijalankan
Jenis waralaba sangat banyak pilihlah yang menurut Anda mudah Anda jalankan dan sebisa mungkin searah dengan passion Anda. Hal penting lainnya ialah kemudahan akses menuju lokasi bisnis dan letak yang tidak terlalu jauh dari rumah Anda.
Pilih Waralaba yang banyak konsumennya
Memilih waralaba yang banyak konsumen akan cepat Mengembalikan modal, jika waralaba yang Anda pilih yang sedikit konsumennya akan berakibat kerugian.Waralaba yang paling banyak konsumennya ialah kuliner.
Pilih waralaba yang harga produknya terjangkau
Jika Anda memilih bisnis waralaba yang memiliki konsumen banyak namun harga yang mahal, itu juga menjadi penentu keberhasilan bisnis Anda. Akan lebih baik jika produk Anda memiliki harga yang terjangkau berbagai kalangan sehingga akan menaikan penjualan dan tentunya berimbas kepada keuntungan yang Anda dapatkan.
Pilih waralaba yang memberikan pelayanan terbaik
Dengan pelayanan terbaik, seperti garansi produk maupun pelayanan yang baik mampu menumbuhkan rasa nyaman dan betah dadi pelanggan. Hal ini dapat menunjang berjalannya bisnis Anda dengan baik.
Peluang Bisnis Franchise Bidang Kuliner
Bisnis franchise yang paling laris ialah produk di bidang kuliner. Modal yang Anda keluarkan pun relative kecil, namun keuntungan yang Anda dapat dapat melebihi modal Anda. Pelanggan di bidang kuliner selalu ada dan akan bertahan hingga kapanpun. Berikut beberapa bisnis franchise di bidang kuliner yang dapat Anda jadikan bisnis Anda:
1. Teh Tong Tji
    Anda pernah melihat ataupun mencoba Teh Tong Tji? Banyak outlet bertebaran di kota-kota Anda. Produk Teh Tong Tji ialah beragam varian rasa teh dengan harga jual yang murah yakni Rp. 3.500 untuk rasa original. Menurut pengakuan penjaga gerai Teh Tong Tji, sehari dapat omzet Rp. 500.000 hingga Rp. 1 juta.
2. Fried Fries
    Di berbagai pusat perbelanjaan, kentang goreng menjadi cemilan yang populer. Sebab itu bisnis kentang goreng menjamur dan cukup menjanjikan. Bahan baku kentang mudah untuk didapat dan murah sehingga produsen mematok harga jual yang murah untuk satu porsi kentang goreng sekitar Rp. 8.000 hingga Rp. 12.000.
3. Tela Krezz
    Bahan baku ketela yang banyak dijumpai dan murah meriah, membuat pengusaha membuat terobosan baru dengan bahan baku ketela atau singkong. Tela Krezz ialah ketela yang digoreng kering dibaluri dengan bumbu balado. Harga satu porsi sangat murah yakni cukup dengan Rp. 5000 saja.
4. Papa Ron's Pizza
    Pizza merupakan fast food yang populer di Indonesia. Salah satu produk franchise makanan Italia ini yakni Papa Ron's Pizza. Hanya dengan modal US$ 168.000 untuk mendapatkan segala fasilitas yang diberikan.
5. Bubble Drink
    Bubble drink menjadi populer dan menjadi trend dikalangan masyarakat. Membuat menjamurnya bisnis franchise ini. Yang membuat minuman ini menarik ialah bubble atau pearl di dasar gelas. Berdasarkan salah satu gerai bubble drink di Jakarta omzet yang didapat dalam sebulan dapat mencapai 200%. Modal yang dibutuhkan usaha ini hanya Rp. 3.500.000.
6. Kebab Turki Baba Rafi
    Kebab menjadi makanan yang akhir-akhir ini terkenal di kalangan masyarakat. Makanan asal timur tengah ini berbahan dasar tortila yang diisi oleh daging dan sayuran. Harga produk per-porsi dibanderol Rp. 15.000 hingga Rp. 20.000. Omzet yang didapat setiap harinya dapat mencapai 5%.
7. Klenger Burger
    Burger menjadi fast food lainnya yang populer di Indonesia. Salah satu bisnis franchise burger ialah Klenger Burger. Bahkan pihak produsen dapat menjamin keuntungan besar di setiap bulannya yakni mencapai 1-7% dengan modal sekitar Rp. 100 juta lengkap dengna fasilitas yang diberikan juga pemasaran dan training karyawan.
8. Es Pasco
    Es coklat kini semakin banyak varian rasa atas banyaknya terobosan baru dari produsen. Salah satunya Es Pasco, dengan harga jual yang hanya Rp. 8.000 hingga Rp. 15.000. Modal awal untuk memulai franchise terbilang murah, hanya Rp. 6.300.000. Dari pengakuan salah satu outlet di kota besar, jika tidak ada saingan Anda dapat menjual hingga 120 gelas.
9. Bubur Bayi Bebi Luck
    Seringkah Anda melihat outlet bubur bayi Bebi Luck dipinggir jalan di pagi hari? Bubur bayi yang terbuat dari bahan organik ini  sudah mendapat ijin dari dinas kesehatan, sehingga terjamin kualitasnya. Dengan modal Rp. 12.000.000 Anda sudah mendapat berbagai fasilitas yang menunjang bisnis ini.
10. Es Capucino Cincau
    Es Capucino Cincau atau biasa disingkat capcin merupakan bisnis franchise yang sudah banyak berkembang diberbagai kota. Harga jual produk yang hanya Rp. 5.000 memiliki banyak penggemar, terlebih kini sudah banyak varian minuman dengan bahan cincau ini. Modal untuk memulai bisnis ini hanya Rp. 3.500.000. Omzet yang didapat setiap bulan cukup besar hingga 3%.
11. Fried Chicken
    Fried chicken sangat disukai oleh berbagai kalangan, mulai anak-anak hingga orang dewasa. Fried chicken dianggap dapat menjadi makanan yang dapat dimakan kapanpun pagi, siang ataupun malam. Ayam yang dibaluri tepung krispi sangat digemari terlebih harga yang dibanderol untuk satu potong sekitar Rp. 6.000 hingga Rp. 12.000. Modal yang dibutuhkan sekitar Rp. 3.700.000 saja.
Peluang Bisnis Franchise Di Bidang Jasa
Selain bidang kuliner, bidang jasa juga banyak dilirik masyarakat yang memiliki pola pikir praktis dan hemat waktu. Berikut beberapa bisnis franchise di bidang jasa:
1. Laundry Kiloan
    Paket usaha lengkap hanya Rp. 3.800.000 sudah mendapatkan fasilitas lengkap seperti peralatan dan training. Bisnis laundry kiloan ini tidak dikenakan franchise fee ataupun bagi hasil sehingga semua paket ini menjadi milik Anda. Harga yang ditawarkan sangat murah, sehingga Anda sudah dapat balik modal dalam hitungan 1-2 bulan.
2. Studio Foto
    Sebuah foto dapat menjadi penting untuk berbagai urusan, mulai dari keperluan sekolah, untuk kado ulang tahun, keperluan mendaftar dll. Banyak studio foto yang menjamur di berbagai pusat perbelanjaan maupun konter-konter terdekat Anda. Modal yang dibutuhkan Rp. 25 juta, Anda sudah mendapatkan beragam fasilitas termasuk tempat.
3. I-Tutor
    Sebuah kelas tutoring yang melayani beragam mata pelajaran, seperti matematika, bahasa inggris, komputer, IPA, dll yang menggunakan kurikulum Internasional di Singapura. Modal awal yang dibutuhkan Rp. 25 juta belum termasuk tempat sewa.
4. Tiki Express
    Jasa pengiriman barang kini semakin marak dipasaran, sebab dari kemudahan berbelanja online serta pengiriman yang dijamin sehari sampai membuat banyak jasa pengiriman di Indonesia. Modal memulai bisnis ini Rp. 20 juta tanpa sewa tempat.
Cara Memulai Bisnis Franchise Makanan
Untuk memulai bisnis franchise ini dibutuhkan ketelitian dan perencanaan yang matang untuk mendapat hasil yang diinginkan. Untuk Anda yang baru memulai bisnis franchise makanan akan lebih baik jika Anda memulai dari franchise cemilan yang notabene-nya modal yang relative sedikit dengan keuntungan yang cukup besar.
Pikirkan Ide
Kreatifitas dan inovasi perlu untuk Anda pertimbangkan untuk memilih produk franchise yang akan Anda jual. Seperti menggunakan bahan baku yang berbeda dari yang lain atau bahan yang banyak kita jumpai namun menjadi makanan yang unik dengan citarasa yang lezat.
Nama, merk dagang juga harus unik dan menarik. Dengan nama yang unik akan membuat konsumen penasaran, terlebih kalimat yang sedang trend kala ini. Juga dengan nama menu yang unik namun merealisasikan produk kuliner juga dapat Anda perhitungkan. Seperti contohnya " Zagi Tela" dengan moto Ketela lezat dan bergizi dan dengan varian menu ketela setan, ketela galau dll.
Kemasan yang menarik
Pikiran masyarakat yang modern saat ini ialah modern dan praktis. Sehingga Anda harus jeli dengan kemasan produk Anda. Kemasan Anda dapat menjadi media promosi karena dalam kemasan Anda harus cantumkan brand Anda. Perpaduan bahan kemasan, warna hingga desain juga tak luput untuk diperhatikan.
Riset Pasar
Banyak hal yang harus Anda perhatikan dalam melakukan riset pasar. Mulai dari produk yang sedang laku dan trend, lokasi yang strategis, belum banyak pesaing, iklim atau cuaca yang berganti-ganti harus diperhatikan.
Franchise yang Anda beli dapat Anda olah kembali dengan yang lebih elegan dan menarik, tentunya Anda perlu berkerjasama dengan pihak produsen atau pemilik. Jangan takut memulai bisnis franchise. Namun, Anda harus jeli memilih produk franchise, karena ada beberapa pemilik yang tidak akan mengembalikan uang Anda apabila Anda mengalami kegagalan. Pahami betul-betul ketentuan yang diberikan pemilik produk.


SHARE THIS

Author:

Hanya seorang ibu rumah tangga yang belajar bisnis online melalui blog dari rumah ditemani oleh si kembar tiga.

0 comments: