31 Mar 2017

Peluang Bisnis Jelang Puasa


PELUANG BISNIS MENJELANG PUASA
Bulan Ramadhan selalu ditunggu oleh umat muslim, namun banyak pula kalangan yang menunggu datangnya bulan penuh berkah ini. Tentu datangnya bulan Ramadhan ini ditunggu berbagai pengusaha untuk mengais rupiah dengan bisnis mereka. Bahkan ada banyak pula yang melakukan bisnis secara dadakan. Hal seperti ini tidak menutup sebuah kemungkinan 'awalnya coba-coba kemudian berlanjut hingga saat ini' . Namun, dalam dunia bisnis tidak ada kata coba-coba karena bisnis dimulai dari niat untuk berbisnis ditambah dengan promosi yang menarik akan mendatangkan income kepada para pengusaha.
Menjelang puasa, banyak hal yang dipersiapkan berbagai kalangan untuk menyambut hari raya. Hal inilah yang mendorong pengusaha untuk kreatif dan mampu mencari peluang besar di bulan Ramadhan.
Peluang bisnis di bulan Ramadhan yang menjanjikan
1. Takjil
Bulan puasa identik dengan makanan manis sebagi pembuka. Salah satu takjil yang populer di Indonesia ialah kolak pisang. Anda dapat menjadikan bisnis takjil sebagai bisnis dadakan, namun Anda tetap mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Bisnis ini hanya bermodal makanan manis yang akan Anda jual serta tempat dipinggir jalan sudah dapat Anda jadikan lahan berbisnis Anda, tak perlu lahan yang besar cukup meja saja.
2. Kurma
Kurma merupakan makanan manis yang disunahkan oleh Nabi sebagai pembatal puasa. Hal ini membuat banyak orang beralih menjadi pengusaha dadakan menjual buah kurma. Buah kurma tak hanya sebagai pembatal puasa, namun dapat menjadi oleh-oleh ataupun campuran makanan berat maupun kue.
3. Makanan Berbuka Puasa
Sama halnya dengan takjil, makanan berbuka puasa sangat ramai pembeli, dikarenakan efisiensi waktu. Hal ini memudahkan wanita karir yang tidak sempat memasak untuk keluarga. Tak perlu bungkus yang menarik, asalkan menu makanan yang banyak pilihan dan tentu rasa yang khas masakan rumahan sudah mampu membantu Anda mengais uang dalam berbisnis.
4. Produk Fashion
Hari raya kerap kali diwarnai dengan istilah 'baju baru semua baru', inilah yang coba digali oleh para pengusaha. Di bulan Ramadhan toko produk fashion tak pernah sepi pengunjung, mulai dari hari pertama puasa hingga H-1 hari raya. Produk fashion yang kerap diburu oleh pelanggan tentu beragam, mulai dari baju muslim hingga baju yang mengikuti mode tahun ini.
Begitu pula dengan aksesoris pelengkap seperti sepatu, tas, jam tangan, hijab, dll. Aksesoris sebagai penunjang penampilan memang tak pernah lepas dengan produk pakaian.
5. Perlengkapan Sholat
Mendekati sholat Idul Fitri sering kali diwarnai dengan sajadah, mukena, sarung ataupun sorban. Tradisi yang satu ini dapat menjadi lahan berbisnis bagi Anda. Banyak masyarakat yang mencari untuk dipakai sendiri ataupun sebagai buah tangan kepada sanak saudara.
6. Kue Kering
Begitu mendengar kata hari raya, tentu tak jauh dari kue lebaran. Beragam kue disajikan di atas meja untuk menyambut para tamu. Hal ini dapat menguntungkan pengusaha yang pandai mengolah kue menjadi ladang bisnis kue kering. Kue kering yang sering dipesan ada banyk varian mulai dari castengel, nastar, choco cookies, lidah kucing, dll.
7. Ketupat
Ketupat banyak dicari kala hari raya sudah dekat, ketupat menjadi hal yang dianggap wajib oleh masyarakat Indonesia. Ketupat menjadi menu untuk disantap dengan beragam masakan Indonesia sebut saja rendang, opor ayam, bakso, cap go meh dll.
Ketupat instan dapat Anda jadikan ladang bisnis mulai dari menjual daun janur, ketupat jadi hingga ketupat yang siap dimakan.
8. Tukar Uang
Memberikan angpao termasuk tradisi orang Indonesia, memberikan angpao (uang) dari yang telah bekerja kepada yang belum bekerja. Jasa tukar uang dapat menjadi alternatif bisnis Anda. Terlebih uang baru yang populer kala hari raya sudah dekat. Anda tak perlu lapak untuk jasa tukar uang, cukup menjajakannya dipinggir jalan Anda sudah dapat meraup keuntungan. Untuk modal dapat Anda sesuaikan dan terserah Anda.
9. Parcel
Parcel merupakan bingkisan yang dapat diberikan kepada sanak keluarga yang lain. Bisnis parcel ada beragam isi mulai dari sembako, kue kering hingga kosmetik. Dengan paket yang banyak isian dan dengan harga murah ditambah dengan bungkus yang menarik akan mendatangkan customer.
10. Jual Perlengkapan Kendaraan
Puasa identik dengan libur panjang dan tentunya mudik kembali ke kampung halaman. Salah satu yang harus dipersiapkan mudik ialah kondisi kendaraan yang harus fit dalam berbagai medan. Cara mempersiapkan kendaraan untuk mudik tentu perlengkapan kendaraan itu sendiri, seperti ban, busi, spion, oli dan sebaginya.
Tips Berbisnis Menjelang Puasa
 1. Modal
    Modal dapat Anda mulai dengan modal pribadi Anda. Dengan memperhatikan peluang yang ada, Anda dapat mengembalikan modal Anda dengan cepat ditambah dengn keuntungan yang Anda dapatkan.
2. Promosi
    Promosi menjadi sangat penting bagi kelangsungan bisnis Anda, sekalipun bisnis kecil-kecilan Anda tetap membutuhkan promosi produk. Promosi menjadi tonggak penjualan Anda. Buatlah promosi yang menarik dengan beragam diskon yang Anda berikan atau harga paket dengan beragam produk.
3. Jujur
    Jujur adalah sikap pribadi, Apabila Anda memulai bisnis usahakan berlaku jujur. Jujur dengan bahan baku, harga, keuntungan, promosi dll. Perlakukan konsumen seperti Anda memperlakukan diri sendiri. Jangan berbuat curang dengan cara yang tidak halal, seperti menekan bahan baku dan mengganti dengan bahan baku kualitas rendah, menjelek-jelekan produk orang lain, mengambil keuntungan yang sangat besar, dll.
Berbisnis di bulan puasa sering kali dianggap bisnis dadakan dengan keuntungan yang tak bisa dianggap remeh. Dengan melihat kebutuhan pasar dan peminat, Anda dapat membangun bisnis Anda. Bisnis yang jujur jauh lebih menguntungkan daripada berbisnis dengan cara yang curang.


SHARE THIS

Author:

Hanya seorang ibu rumah tangga yang belajar bisnis online melalui blog dari rumah ditemani oleh si kembar tiga.

0 comments: