31 Mar 2017

Peluang Wirausaha Kuliner


BISNIIS KULINER
    Bisnis kuliner ialah bisnis yang paling banyak digandrungi pengusaha. Dikarenakan kuliner lebih dekat dengan masyarakat daripada produk yang lain. Dengan mengandalkan citarasa yang konsisten dan kreatifitas mampu mendorong keuntungan pengusaha bisnis kuliner. Ada banyak cara yang dapat diaplikasikan ke dalam bisnis kuliner, salah satunya ialah desain interior yang unik, visual makanan atau minuman yang berbeda, nama produk yang sedikit "nyeleneh" dan yang pasti citarasa yang menjadi "candu".
    Banyak hal yang dapat dilakukan dengan olahan makanan. Permintaan akan produk olahan selalu meningkat disektor penjualan. Bisnis kuliner dapat dijalankan walau tak memiliki kedai. Rumah Anda dapat jadikan pabrik untuk produk Anda. Pemasaran pun dapat dilakukan secara door to door ataupun dengan menitipkan produk olahan kepada kedai ataupun warung. Tanpa melakukan pemasaran besar-besaran, produk makanan tetap akan sering diburu customer.
Bisnis Kuliner Yang Populer
Makanan dengan bentuk yang unik
Makanan yang dibentuk dengan unik, mampu menarik customer dengan target anak muda. Makanan yang dikemas menarik sering kali menjadi booming di media sosial. Bentuk tak biasa akan menimbulkan rasa penasaran. Sebut saja: mie terbang, burger hitam, nasi goreng hitam, mi ayam pelangi, dan sebagainya.
Makanan dengan size tak biasa
Dengan ukuran yang tak biasa ditambah dengan harga terjangkau, menarik banyak pelanggan untuk datang dan mencicipi. Seperti: burger buto, bakso beranak, bakso 1 kg, dan masih banyak lainnya.
Makanan pedas
Orang Indonesia terkenal suka dengan olahan pedas, sebab itulah membuat pengusaha berbondong-bondong membuat olahan pedas. Seperti, mi devil, bakso setan, nasi goreng mercon, sambal petir dan masih banyak olahan pedas lainnya.
Keripik
Keripik merupakan olahan yang populer sebagai camilan. Makanan ringan ini sudah populer dari dulu, terlebih dapat bertahan lama sehingga cocok sebagai oleh-oleh. Diantaranya cireng bumbu rujak, kripik buah, keripik sayuran, keripik olahan ikan dan keripik olahan kacang-kacangan.
Catering
Catering sering kali dijadikan alternatif bagi kebanyakkan orang, terlebih yang tidak ingin repot memasak banyak. Catering sering dipesan terlebih jika memiliki acara yang besar. seperti pernikahan, ulang tahun, atupun acara keluarga bahkan untuk makan siang sebuah instansi juga lebih memilih memesan catering.
Kue
Kue selalu ada apabila kita memiliki sebuah acara besar. Tak terkecuali ulang tahun ataupun pernikahan. Bentuk kue ulang tahun pun beragam, bahkan gambar by request. Tak hanya kue tart, namun kue berukuran kecil seperti cupcake, kue sus atau bahkan kue tradisional juga ditawarkan.
Minuman
Tak puas jika hanya olahan makanan saja, teman makanan ialah minuman. Minuman sudah banyak mengalami perubahan dengan inovasi dan kreasi. Minuman tradisional mampu ditampilkan dengan kemasan modern beserta citarasanya. Ada banyak variasi minuman yang dapat di mix and max. Seperti capuccino cincau, es krim rujak, cendol keju dan sebaginya.
Frozen food
Frozen food biasanya merupakan olahan yang sudah diolah dan matang, namun tetap dibutuhkan step memasak lagi seperti digoreng, direbus atau dibakar. Frozen food juga mampu bertahan lama. Jika Anda berniat melakukan usaha frozen food lebih baik homemade saja, dimana kebersihan Anda dapat menjaminnya. Contohnya sosis, nugget, siomay, baso ikan atau daging dan lainnya.
Cafe dan Restoran dengan konsep yang unik
Untuk menarik pelanggan 'tempat' juga memiliki peran penting. Terlebih yang memiliki target anak muda, dimana mereka akan senang jika dapat berfoto genic bak model dan ditempat yang unik. Kekuatan sosial media membuat banyak kalangan haus akan tempat yang instagrammable, dan dapat dipamerkan kepada orang lain.
Coffe Shop
Coffe shop yang dimaksud disini ialah dimana cafe tidak hanya menyediakan kopi dengan citarasa yang bagus namun juga dengan desain interior yang terlihat klasik seperti di Eropa.
Cafe Bookstore
Cafe yang menggabungkan tempat makan dengan perpustakaan. Cafe seperti ini dapat menggaet banyak kalangan terlebih yang suka membaca. Buku yang disediakan untuk dibaca ada banyak jenisnya seperti novel, cerpen, ensiklopedia, bahkan buku sains juga ada.
Cafe Garden
Memadukan kehijauan dengana tempat makan. Cafe seperti ini banya dikunjungi pelanggan yang ingin makan ditemani dengan taman kehijauan disekelilingnya. Kehijauan yang ditawarkan membuat udara disekitarnya terasa sejuk. Terlebih tempat yang berada di atas bukit atau ketinggian lain, yang mana mampu membuat pelanggan berdecak kagum, menikmati makanan bersama view pegunungan. Atau mungkin cafe yang di bangun bersama bahan dasar makanan, seperti kebun stroberi, nanas atau yang lainnya. Dimana pelanggan dapat merasakan sensasi memanen dan makan hasil panen tersebut.
Theme Cafe
Cafe dengan tema dan konsep unik dapat membuat pelanggan mengalami pengalaman makan yang baru. contohnya restoran berkonsep penjara, rumah hantu, alien, rumah sakit, hello kitty bahkan berkonsep toilet juga ada.
Tidak ada salahnya Anda mencoba desain unik restoran yang nantinya akan Anda kembangkan menjadi tempat makan yang akan berkenan di hati pelanggan.
Tips Berbisnis Kuliner
Pastikan Anda memiliki kualitas makanan yang baik
Lebih baik mengembangkan inovasi dan kreatifitas Anda
Memiliki sasaran produk
Memiliki strategi pemasaran
Memilih lokasi yang strategis
Membangun "relationship" dengan pelanggan
Ramah dan selalu tersenyum kepada pelanggan
Kompeten terhadap citarasa
Berbisnis tentu mengalami masa dimana penjualan naik atau turun. Anda tidak boleh berkeluh kesah dengan hal tersebut. Jadikan hal tersebut untuk menginspirasi Anda semakin berinovasi. Pemasaran yang hebat memiliki dampak yang amat signifikan, terhadap penjualan sehingga ada baiknya Anda memiliki sistem pemasaran yang mumpuni.


   








SHARE THIS

Author:

Hanya seorang ibu rumah tangga yang belajar bisnis online melalui blog dari rumah ditemani oleh si kembar tiga.

0 comments: