31 Mar 2017

Pengertian E Commerce dan Jual Beli Online



Jualan Online
Taukah anda dunia teknologi saat ini kian hari kian berkembang. Banyak yang bisa kita dapatkan dari suatu sistem jaringan internet. Dengan menggunakan jaringan internet ini kita mendapatkan banyak keuntungan . Jaringan komputer dan internet yang semakin canggih membuat para pembisnis dari makanan, alat elektronik, pakaian, tas, sepatu dan masih banyak lagi dapat merasakan manfaatnya. Terlebih bagi yang menggunakan media sosial dalam pemasarannya, sebagian besar masyarakat indonesia kini telah menggunakan banyak media sosial yang sedang booming dan sangat mudah diakses dengan menggunakan ponsel.

Dalam dunia jaringan internet saat ini telah kita kenal dengan banyak bisnis, salah satunya adalah jualan online. Tahukah anda apa itu jualan online ?
Pengaertian Jualan Online
Apakah jualan online? Apakah anda pernah melakukan jualan online?
Jualan online adalah suatu kegiatan berdagang yang dilakukan melalui jaringan internet. Berjualan online sangat menguntungkan penjual dan pembeli. Penjual tak harus secara visual berdagang disuatu tempat dan sedangkan pembeli tak perlu bertemu atau mendatangi toko untuk melakukan transakasi jual beli, namun hanya dengan melalui ponsel atau komputer berjaring internet pembeli dapat melakunan transaksi pembelian.
Jualan online menjadi salah satu pilihan bagi banyak kalangan pengusaha untuk mempromosikan dan menjual barang dagangannya. Kemudahan aplikasi dan perkembangan teknologi yang menjadi pemicu berkembangnya pembisnis saat ini. Dalam jualan online ada tata cara khusus bagi penjual dan juga konsep pemasaran bagi pembisnis online.
Tata cara jualan online
1.    Barang yang dijual haruslah milik sendiri
Juallah barang dagangan milik sendiri jangan sampai anda menjual barang dagangan orang lain tanpa izin pemiliknya.
2.    Berikanlah keterangan yang jelas dan detail agar pembeli tidak banyak bertanya
Memberikan keterangan pada barang dagangan dengan jelas dan detail akan mempermudah bagi pembeli dan akan mudah cepat laku karena kejelasan yang kita terterakan.
3.    Tetapkan harga dan status pada barang yang dijual
Menetapkan harga dan status pada barang dagangan akan memudahkan pembeli, tanpa harus bertanya. Tetapkanlah untuk harga pas, bisa nego atau sistem barter
4.    Gunakan pihak ketiga untuk keamakan lapak atau toko online kita
Pihak ketiga ini yang dimaksud adalah rekening. Pihak ini merupakan pihak yang selalu setia dapat sistem bisnis online untuk melakukan transaksi jual beli dengan jarak yang tidak ditentukan.
Jualan online hampir sama dengan berjualan disuatu tempat hanya pada sistemnya saja yang membedakan. Dalam jualan online juga membutuhkan konsep pejualan dan konsep pemasaran. Konsep penjualan online disini menekankan bagaiamana agar bisa menjual produk sebanyak – banyaknya kepada konsumen dan bagaimana agar konsumen tertarik dan melakukan transaksi pada toko online kita. Dalam jualan online, sebagai owner kita harus paham dengan yang namanya pemasaran online. pemasaran sangat yang perlu dilakukan agar dagangan mudah dan cepat terjual
•    Melakukan update dengan cepat
Segeralah melakukan perubahan jika ada produk baru, perubahan harga atau diskon, dan juga bila akan diadakannya event tertentu, buatlah semenarik mungkin agar pembaca situs online anda tertarik.
•    Menentukan sasaran
Pemasaran online memungkinkan untuk menargetkan sasaran tertentu seperti gender, usia dan lokasi.
•    Gunakan banyak media pilhan
Untuk melakukan pemasaran, Pilihlah media online yang sering digunakan banyak kalangan saat ini seperti blogger, instagram, dan media sosial lainnya.
Kelebihan dan kekurangan Jualan Online
Jualan online ternyata juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari jualan online. Berikut pembahasannya :
Kelebihan jualan online
1.    Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat secara fisik
Dalam berjualan online kita tidak perlu bersusah payah untuk mencari dan menyewa tempat. Toko online cukup membuat toko melalui media sosial yang tersedia diinternet.
2.    Tidak perlu membayar pajak penjualan atau pajak penghasilan dari berjualan online
Melakukan bisnis secara online saat ini hanya dibatasi dengan UU ITE saja. Sehingga belum ada sistem pembayaran pajak.
3.    Dapat menekan harga hingga menjadi lebih murah
Dalam penjualan online, owner atau pemilik toko online bisa menekan harga agar harga dipasaran menjadi kompetitif. Dalam penekan harga tentunya tetap memperhatikan harga beli dan tetap memberikan keuntungan toko.
4.    Omzet tinggi
Toko online yang besar dan sudah berkembang serta memiliki target pasar yang jelas dapat mencapai omzet yang tinggi.
5.    Cakupan wilayah yang sangat luas
Berjualan online sangat menguntungkan, cakupan dalam berpromo dan berjualan tak hanya pada satu kota saja, namun bisa sampai luar kota, luar pulau bahkan luar negeri.
6.    Gratis
7.    Tidak membutuhkan modal besar
8.    Mudah dalam mengaplikasikan
9.    Dapat dilakukan dalam waktu luang dan senggang
Kekurangan jualan Online
1.    Teknik marketing agak sulit apabila tidak memahami
Bisnis online tak semudah yang anda bayangkan. Berjualan online membutuhkan bakat dan juga trik khusus dalam aplikasinya. Misal dalam promosi toko online kita baik dimedia sosial atau e – commerce perlu adanya teknik marketing yang cukup mudah dipahami pembeli.
2.    Butuh kemauan keras dan ketekunan
Bisnis online perlu adanya owner yang memiliki niat keras dan kemauan serta ketekuan. Tanpa adanya niat, kemauan dan ketekuan bisnis online anda akan dengan mudah mengalami kegagalan alias bangkrut.
3.    Sabar dalam menghadapi pelanggan
Hadapi dengan sabar untuk pelanggan yang hobi dengan komplain, kesabaran juga sangat diperlukan dalam pelayanan kita sebagai seller
4.    Rawan akan penipuan
Dalam bisnis online ini sering kali terjadi penipuan, sebaiknya jika ada pelanggan selalu waspada dan berikan pelayanan yang sesuai dengan ketentuan, teliti kembali sebelum melakukan transaksi. 

                                BY : Juwita


SHARE THIS

Author:

Hanya seorang ibu rumah tangga yang belajar bisnis online melalui blog dari rumah ditemani oleh si kembar tiga.

0 comments: