31 Mar 2017

Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit


PERBEDAAN KARTU KREDIT VS KARTU KREDIT
Di era digital ini, masyarakat tak harus bertransaksi menggunakan uang tunai, khususnya mereka yang telah memiliki rekening tabungan di bank konvesional. Untuk memberikan kemudahan dalam bertransaksi pihak bank memmberikan fasilitas kepada nasabah berupa kartu debet dan kartu kredit.
Fasilitas yang diberikan bank tersebut merupakan transaksi non tunai yang menggunakan sistem komputer yang langsung memotong saldo tabungan. Jadi, Anda tak perlu repot membawa uang untuk melakukan beragam transaksi. Kedua fasilitas diatas merupakan kartu elektronik yang dikeluarkan oleh perbankan. Untuk mengetahui apa yang dimaksud kartu debet dan kartu kredit berikut penjelasannya:
Apa itu Kartu Debet?
Kartu debet sering kita sebut sebagai kartu ATM. Kartu debet diterbitkan oleh perbankan bagi nasabah yang membuka rekening tabungan dan kartu debet khas memiliki logo Visa ataupun Mastercard. Karena kartu ini adalah kartu tabungan maka segala transaksi pengeluaran Anda akan memotong saldo tabungan Anda secara otomatis. Biasanya bank membedakan kartu debet menjadi silver, gold dan platinum, dimana nasabah melakukan pembayaran, penarikan uang tunai berdasarakan limit masing-masing jenis kartu.
Kelebihan:
Nasabah akan terhindar dari hutang karena nasabah hanya dapat membelanjakan uang yang ditabung ke dalam rekening
Tidak ada iurang ataupun biaya transaksi, karena langsung otomatis terpotong dari saldo tabungan Anda.
Tidak dikenai biaya penarikan uang di ATM
Kekurangan:
Masih terbatas untuk transaksi online
kartu debet jarang memiliki penawaran dan pelayanan yang menjanjikan hadiah
Apabila Anda menarik uang tunai lebih banyak daripada uang tabungan Anda akan dikenakan biaya penarikan melampaui batas.
Rawan penyalahgunaan, apabila kartu debet Anda hilang dan tidak segera melakukan pemblokiran maka uang tabungan Anda akan raib tak tersisa.
Apa itu Kartu Kredit?
Kartu kredit dapat dikatakan sebagai kartu hutang. Karena nasabah tidak perlu memiliki kartu tabungandi bank dan tidak harus memiliki saldo pertama terlebih dahulu. Bank memiliki banyak jenis kartu kredit yang mana memiliki syarat syarat yang berbeda-beda apabila Anda ingin memilikinya. Kartu kredit secara fisik mirip dengan kartu debet, yang membedakan hanya di dalam kartu kredit terdapat identitas nasabah beserta tanda tangan. Karena menggunakan sistem hutang, maka setiap Anda berbelanja menggunkan kartu kredit, setiap bulannya Anda akan mendapat tagihan tiap bulannya beserta bunga yang harus Anda cicil untuk pelunasan kartu kredit Anda.
Kelebihan:
Kartu kredit dapat digunakan untuk transaksi online.
Anda dapat berbelanja sesuai keinginan Anda diamana pun dan kapanpun selama tidak melebihi batas limit
Membayar tagihan kartu kredit Anda tepat waktu memungkinkan Anda memperoleh suku bunga lebih baik untuk hutang-hutang lainnya.
Kekurangan:
Apabila Anda tidak melunasi tagihan Anda tepat waktu, Anda akan dikenai membayar lebih dari pembelanjaan Anda.
Apabila Anda terus memelaanjakan kartu kredit dan Anda tidka memiliki uang untuk membayar kartu kredit Anda, dapat berakibat Anda akan menimbun hutang yang lebih banyak di masa mendatang
Tarik tunai di ATM dikenakan biaya penarikan yang besar
Ada beban iuran tahunan, bea materai dan bea pembayaran
Terdapat bunga setiap transaksi, semakin besar transaksi maka semakin besar bunga yang ditangguhkan
Dari segi manfaat kartu kredit vs kartu debet
Kedua  kartu yang diterbitkan oleh perbankan ini memudahkan transaksi Anda. Sebagi kartu pembayaran elektronik, kedua kartu ini memiliki manfaat yang berbeda:
Kartu Debet:
Tabungan bergerak: Memiliki kartu debet berarti Anda memiliki tabungan yang selalu Anda bawa. Anda dapat menarik uang ataupun transfer uang ke rekening lainnya dimanapun di mesin ATM.
Praktis: Dengan kartu debet tentu Anda akan dimudahkan mencairkan uang Anda di mesin ATM, dan tentunya tak melebihi saldo tabungan Anda.
Dapat digunakan untuk belanja: Kartu debet dapat Anda gunakan berbelanja di beberapa toko yang memiliki mesin EDC ataupun yang memiliki logo visa ataupun mastercard.
Tidak ada bunga atau denda: Karena kartu debet merupakan kartu tabungan tentu Anda tak akan dikenakan denda setiap transaksi, justru Anda akan mendapat bunga dari bank sesuai persyaratan bank.
Dapat melakukan transaksi dalam jumlah besar: Anda dapat melakukan transaksi dalam jumlah besar dan tidak lebih sesuai dengan saldo yang Anda miliki.
Tidak berhutang: Karena setiap transaksi yang Anda lakukan menggunkan saldo tabungan Anda, tentunya tidak akan menimbun hutang baagi Anda.
Kartu Kredit:
Kemudahan belanja online: Banyaknya situs e-commerce menawarkan beragam produk yang Anda butuhkan memudahkan nasabah pemegang kartu kredit untuk melakukan pembayaran di situs e-commerce tersebut.
Banyak promo yang ditawarkan: Setiap bank yang menerbitkan kartu kredit banyak memberikan promo atau diskon belanja dengan pihak merchant. Bahkan nasabah pemegang kartu kredit dapat menerima reward berupa cashback, poin hingga hadiah langsung.
Lebih mudah transaksi di luar negeri: Pergi keluar negeri tentu Anda akan membawa uang yang cukup banyak. Namun, apabila Anda membawa dalam bentuk tunai akan sangat rawan apabila hilang ataupun habis. Akan tetapi, dengan kartu kredit, Anda akan dimudahkan dalam berbelanja.
Belanja dibayar belakangan: Anda pemegang kartu kredit akan sangat dimudahkan dalam bertransaksi. Salah satunya tentu saja setiap transaksi, Anda akan membayarnya saat tagihan kartu kredit Anda dikirim. Apabila Anda membayarnya sebelum jatuh tempo dapat memungkinkan Anda tidak mendapat bunga atau bung 0%.
Membayar semua tagihan: Anda tak perlu lagi memikirkan pembayaran listrik, telepon, asuransi dll karena Anda telah mendaftarkan hal tersebut saat pembuatan kartu kredit tersebut. Dan hal tersebut langsung dapat Anda bayar setiap kali tagihan datang.
Lebih aman dari penyalahgunaan: Anda tak perlu khawatir apabila kartu kredit Anda hilang, Anda dapat langsung melaporkan kepada pihak bank yang kemudian akan melacak atau memblokir kartu kredit Anda.
Sudahkah Anda tentukan memilih kartu debet atau kartu kredit?
Kedua kartu yang sah diterbitkan oleh perbankan tersebut notabene-nya membantu Anda dalam melakukan transaksi dimana Anda tak perlu membawa uang tunai. Kekurangan dan kelebihan yang telah dijelaskan diatas semoga membantu Anda menentukan pilihan fasilitas bank yang membantu Anda.
Apapun pilihan jenis kartu elektronik yang Anda gunakan sejatinya Anda menggunakannya dengan bijak.


SHARE THIS

Author:

Hanya seorang ibu rumah tangga yang belajar bisnis online melalui blog dari rumah ditemani oleh si kembar tiga.

0 comments: