31 Mar 2017

Social Media Marketing



Sosial Media Marketing
 Media sosial kini semakin berkembang pesat. Banyak yang bisa dilakukan dengan media sosial dari bertukar kabar, info juga bertukar foto. saat ini media sosial mengalami perubahan dan perluasan fungsi. Media sosial adalah alat bersosialisasi, berkembangnya jaman media sosial tak hanya dijadikan media komunikasi antar teman atau saudara. , namun saat ini banyak sekali media sosial yang dijadikan sebagai ajang promosi usaha. Baik itu melalui tulisan, gambar, atau video. dalam usaha online tentunya para pengguna media sosial harus paham dengan yang namanya pemasaran online atau lebih sering dikenal dengan sebutan sosial media marketing. Apa sosial media marketing itu? Apa tujuan dan manfaat dari sosial media marketing?


Pengertian Sosial Media Marketing
Sosial media marketing adalah teknik marketing yang menggunakan sosial media marketing yang menggunakan sosial media sebagai sarana untuk mempromosikan suatu produk dan jasa secara lebih spesifik. Sosial media marketing berfungsi sebagai sarana atau tempat membangun target pasar bisnis online pada area media sosial. Ada banyak pilihan sosial media marketing yang sedang booming dikalangan masyarakat, seperti facebook, twitter, youtube, myspace, google plus, instagram dan masih banyak lagi. Semakin banyak media yang digunakan semakin besar pula keuntungan yang dihasilkan bagi website bisnis online anda.
Tujuan Sosial Media Marketing
Sosial media marketing sangat berhubungan dengan usaha atau bisnis. Jika anda telah yakin untuk terjun dalam berbisnis maka anda harus menentukan tujuan sosial media marketing. ada 3 tujuan sosial media marketing yang bisa anda pelajari :
1.    Meningkatkan penjualan
Dalam suatu usaha ada hal yang paling penting yaitu tujuan utama usaha. Tujuan utama usaha adalah penjualan. Dari penjualan nantinya akan mendapatkan keuntungan maka dari itu apapun strategi yang anda gunakan dalam pemasaran pastikan untuk selalu meningkatkan penjualan.
2.    Efisiensi biaya
Efisiensi biaya sangat perlu ditekankan dalam bisnis online karena sosial media akan memberikan kontribusi besar dalam menurunkan biaya operasional maupun pemasaran dan melakukan komunikasi dengan konsumen akan lebih murah dan hemat menggunakan media sosial yang anda gunakan.
3.    Sebagai alat Custoumer Relationship Management perusahaan
CRM merupakan salah satu upaya yang perlu dilakukan sebuah perusahaan untuk membuat suatu komunitas, karena membuat komunitas usaha sangat menguntungkan dan mampu meningkatkan penjualan produk atau jasa yang anda jual. Membangun komunitas dengan media sosial anda dapat melakukan interaksi secara langsung dengan pelanggan. Sering – seringlah mendengarkan kritik dan saran demi berkembangnya usaha anda.



Manfaat Sosial Media Marketing
Dalam menjalankan usaha tentulah selalu melakukan perkembangan dengan strategi yang tepat. Dengan teknik sosial media marketing maka akan menjadi lebih mudah, murah dan efisien, karena strategi ini sangat cocok untuk medukung saat berkembangnya usaha. Misal dengan cara kerja sosial media marketing yaitu dengan membangun area link website bisnis online yang telah dibagikan ke berbagai media sosial yang akan berdampak menjaring pengunjung tetap untuk mengunjungi website yang anda miliki.
Pemasaran menggunakan sosial media marketing ternyata memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaatnya?
1.    Akan memudahkan kita mencari tahu lebih banyak mengenai pelanggan
Penerapan dengan sosial media marketing akan memudahkan kita untuk mengenal pelanggan. Keberhasilan suatu usaha tidak dipungkiri jika kita mengenal pelanggan dengan baik. apalagi mengakses media sosial sangat mudah dilakukan tak hanya dengan PC saja tetapi menggunakan gadget pun kini bisa berbisnis online.
2.    Menemukan konsumen baru dan target pasar makin luas
Sesuai tujuan awal kita menjalankan suatu usaha dengan sosial media marketing adalah meningkatkan pejualan dan efisiensi biaya. Maka dari itu menggunakan media sosial akan sangat bermanfaat bagi usaha kita karena Media sosial sangat berpotensi dalam pemasaran usaha online hingga menemukan konsumen baru dan menyebarkan dengan luas. maka dari itu gunakalah media social yang popular dan banyak digunakan oleh masyarakat saat ini.
3.    Kita akan mendapatkan umpan balik dari konsumen
media soaial akan memudahkan kita untuk mengenal siapa konsumen kita, kita akan mengetahui segalanya tentang konsumen kita dari latar usia, jenis kelamin dan juga bahasa yang sering mereka gunakan dan juga media social akan memudahkan untuk mendapatkan feedback langsung dari pelanggan.
4.    Meningkatkan pengunjung situs dan rangking pada mesin pencari
ada lagi yang menguntungkan kita jika menggunakan media social dalam pemasaran usaha yaitu peningkatan pengunjung dan peringkat mesin pencari. media social sangat menunjang kita dalam peningkatan jumlah pengunjung toko online kita.
5.    Memberikan informasi lebih cepat ke pelanggan
kecepatan dalam penyampaian informasi merupak kuntungan yang kita dapat jika kita melakukan pemasaran menggunakan media social. media social memiliki tingkat kecepatan yang cukup luar biasa, karena media social memiliki sifat menyeluruh dan banyak sekali penggunanya diseluruh dunia. kecepatan dari media social didukung dengan adanya koneksi internet dan jaringan luas dan cepat sehingga para pebisnis online akan selalu mudah dalam melakukan akses promosi lewat media social.
jadi gimana dengan anda sebagai pembisnis online, melihat begitu banyak manfaat media social marketing yang telah dijelaskan. ayo segera bertindak dan memilih strategi yang cukup tepat dalam berbisnis online. dengan menggunakan media social marketing tingkat efektifitas dan efisiensi untuk usaha cukup tinggi, maka akan mudah dalam mendapatkan profit yang tinggi. ingat! dalam usaha haruslah telaten dan selalu berusaha keras

SHARE THIS

Author:

Hanya seorang ibu rumah tangga yang belajar bisnis online melalui blog dari rumah ditemani oleh si kembar tiga.

0 comments: