31 Mar 2017

Tips Memilih Asuransi Jiwa


TIPS MEMILIH ASURANSI JIWA YANG TEPAT
Semakin berkembangnya zaman modern, asuransi kini semakin banyak dibutuhkan. Namun, masih banyak juga orang awam yang menganggap asuransi tidak penting. Perlu kita ketahui asuransi itu bersifat digunakan disaat genting, namun tak diperdulikan dikala tenang. Maksudnya ialah kini yang namanya keselamatan, kita manusia tidak ada yang tahu apa yang terjadi di depan. Kejadian tidak terduga inilah yang harus diperhitungkan seperti kecelakaan kerja, kematian, ataupun sakit. Asuransi tidak hanya keselamatan, namun masa depan keluarga juga dapat dipertanggung jawabkan.
Sebelum Anda memilih asuransi jiwa yang tepat, ada baiknya Anda memahami tentang asuransi jiwa itu sendiri. Berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum memilih produk asuransi.
A. KENALI ASURANSI JIWA
Apa itu Asuransi Jiwa?
Kita manusia modern pasti pernah mendengar yang namanya "asuransi jiwa". Asuransi sendiri memiliki arti tindakan, sistem, atau bisnis berupa perlindungan finansial (atau ganti rugi berupa finansial). Sehingga asuransi jiwa berarti perjanjian dengan perusahaan asuransi yang akan membayarkan sejumlah nominal atas terjadinya kejadian tak terduga, dan Anda diwajibkan sejumlah premi sebagai pengganti atas kejadian tek terduga tersebut.
Jenis Asuransi
1. Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance)
    Asuransi jiwa berjangka ini fungsinya untuk memberi proteksi kepada Anda selaku tertanggung dalam jangka waktu yang relatif singkat seperti 5, 10, 20 tahun. Asuransi jiwa ini menawarkan premi kepada Anda relatif murah.
    Asuransi ini cocok bagi Anda yang mengutamakan masa depan keluarga seperti pendidikan bagi anak. Dan bagi Anda yang memiliki kebutuhan akan biaya asuransi yang besar namun memiliki kemampuan keuangan terbatas.
    keuntungan: Anda dapat menentukan besarnya premi yang harus dibayar sesuai kemampuan keuangan Anda. Dan Anda sebagai tertanggung jika dalam kontrak masih aktif namun Anda mengalami kejadian tak terduga uang pertanggungan Anda dapat mencapai miliyaran rupiah.
    kekurangan: Karena menggunakan sistem jangka waktu yang pendek, maka jika kontrak telah selesai kemudian Anda mengalami kejadian tak terduga, maka uang pertanggungan Anda akan hangus.
2. Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance)
    Asuransi ini memang untuk seumur hidup, walau perusahaan biasanya membatasi hingga 100 tahun saja. Asuransi ini sangat direkomendasikan pada Anda yang tidak memiliki tanggugan. Karena asuransi ini dapat Anda manfaatkan sebagai tabungan jangka panjang dan tentunya melindungi Anda dari biaya biaya yang dibebankan saat terjadi sesuatu yang tak diinginkan.
    keuntungan: Anda akan mendapatkan uang pertanggungan sesuai premi yang Anda bayarkan. Premi asuransi Anda tidak akan hangus apabila tidak ada klaim. Saat kontrak berakhir premi asuransi Anda akan diberikan seluruhnya.
    kekurangan: jumlah premi yang tinggi, dikarenakan angka harapan hidup di Indonesia yang rendah menjadi penyebab banyaknya kemungkinan klain asuransi sebelum masa proteksi berakhir. Nilai tunai asuransi ini tidak terlalu banyak karena bunga yang diberikan hanya  4% tiap tahun dan belum termasuk pajak.
3. Asuransi Jiwa Dwiguna (Endownment Insurance)
    Dwiguna memiliki arti dua manfaat yang mana asuransi ini memiliki manfaat sebagai asuransi berjangka dan tabungan. Dapat memberikan pertanggungan apabila Anda mengalami kejadian tak terduga dan Anda dapat mencairkan premi asuransi ketika kontrak berakhir.
    Direkomendasikana pada Anda yang memikirkan pendidikan anak di masa depan, punya dana pensiun yang besar dan Anda memiliki dana untuk kebutuhan tak terduga di masa depan.
    keuntungan: Anda dapat mencairkan premi asuransi sebelum kontrak berakhir. Apabila saat kontrak berakhir Anda akan mendapatkan seluruh uang pertanggungan.
    kekurangan: jumlah premi yang dibayar sangat mahal, bahkan tiap bulan mencapai jutaan rupiah.
4. Asuransi Jiwa Unit Link
    Asuransi ini yang paling populer ditawarkan marketing asuransi, berfungsi sebagai asuransi dan investasi.     Anda dapat memastikan perlindungan atas diri Anda di masa depan dan Anda dapat berinvestasi.
    keuntungan: Karena investasi, maka Anda tak hanya mendapat pertangunggan tapi mendapat imbal balik dari investasi.
    kekurangan: imbal baliknya tidak terlalu besar sehingga Anda harus memahami betul-betul investasi ini agar tidak terjadi kesalahan klaim dana. Uang pertanggungan yang dibayar akan berimbas dari perolehan investasi yang Anda tanam dan relatif rendah.
B. TELITI SEBELUM MEMBELI SAHAM
    Dengan banyaknya produk asuransi jiwa yang ditawarkan agen asuransi, maka Anda harus benar-benar mencari informasi yang banyak. Anda juga berhak membandingkan asuransi yang satu dengan asuransi yang lain. Pelajari dengan benar manfaat produk asuransi yang Anda butuhkan. Pastikan perusahaan asuransi telah terdaftar di OJK dan dilakukan oleh tenaga pemasar berlisensi AAJI dan AAUI.
C. ANGGARAN
    Melakukan pembelian asuransi berarti Anda sudah siap dana untuk hal tersebut. Tidak ada salahnya walaupun Anda sudah bekerja dan telah memiliki asuransi jiwa, Anda tetap membeli asuransi jiwa. Hal ini dapat mengatasi kejadian ter terduga yang Anda alami di masa mendatang. Yang terpenting adalah dana asuransi jiwa tak menganggu kebutuhan sehari-hari.
D. PILIH PERUSAHAAN ASURANSI YANG KREDIBILITAS
    Memilih perusahaan yang kredibilitas termasuk dalam hitungan memilih asuransi jiwa, mengapa? karena asuransi bersifat perjanjian jangka panjang. Oleh karena itu Anda harus memastikan agen asuransi yang benar-benar dapat mengelola keuangannya. Untuk dapat melihat rekapan keuangan perusahaan asuransi, Anda dapat melihatnya melalui media massa.
E. PELAYANAN 24 JAM
    mengapa pelayanan 24 jam? karena kejadian tak terduga di masa datang tidak diketahui kebutuhannya, sehingga Anda akan membutuhkan informasi lebih detil produk asuransi tersebut. Pilih agen asuransi yang memberikan pelayanan informasi 24 jam.
  KESIMPULAN:
 Perhatikan dengan benar produk asuransi yang Anda pilih terlebih uang pertanggungan yang akan Anda dapatkan
Jangan terlalu fokus dan mudah diiming-iming investasi. Namun, lupa dengan proteksi jiwa Anda.
Cantumkan nama yang menjadi sumber keungan keluarga sebagai tertanggung (proteksi jiwa).
Bagaimanapun juga Andalah yang menentukan akan membeli produk asuransi atau tidak. Pertimbangkan dengan cermat apa yang Anda butuhkan. Asuransi sebagai mestinya dapat menjadi tabungan bagi keluarga jika terjadi kejadian tak terduga pada anggota keluarga yang mencari nafkah. Apabila Anda tidak paham, jangan malu bertanya sedetil mungkin pada pihak perusahaan asuransi. Pelajari dengan benar kelebihan dan kekurangan produk asuransi jiwa.





SHARE THIS

Author:

Hanya seorang ibu rumah tangga yang belajar bisnis online melalui blog dari rumah ditemani oleh si kembar tiga.

0 comments: