31 Mar 2017

Travel Umroh Cara Memilih Biro Perjalanan Haji


CARA MEMILIH BIRO PERJALANAN HAJI
Pergi ke tanah suci menjadi impian semua umat muslim untuk menunaikan ibadah haji. Tak hanya haji, umroh pun termasuk ibadah ke Tanah Suci Mekkah. Dengan kewajiban umat muslim inilah banyak agen travel umroh maupun haji yang berada disekitar kita. Agen travel umroh maupun haji sejatinya membantu Anda mempersiapkan keberangkatan ke Saudi untuk menunaikan ibadah. Banyak hal yang dipersiapkan oleh pihak agen travel umroh dan haji mulai dari tiket pesawat PP, hotel, konsumsi, transportasi, guide dll.
Harga yang ditawarkan beragam tergantung pilihan calon jamaah, pihak agen akan memberikan beberapa pilihan paket. Semua paket yang disediakan memiliki fasilitas yang berbeda sesuai harga yang tercantum.
Namun, kini banyaknya penipuan berkedok agen travel umroh dan haji cukup membuat masyarakat takut untuk mendaftarkan diri. Anda yang ingin mendaftarkan diri sebagai calon jamaah patut untuk teliti sebelum memilih agen travel umroh dan haji Anda. Berikut ciri-ciri agen travel yang perlu diwaspadai:
Ciri-ciri agen travel haji dan umroh yang patut diwaspadai
1. Tidak memiliki alamat yang jelas
    Apabila Anda ingin mendaftarkan diri untuk pergi haji melalui agen, pastikan bahwa agen tersebut memiliki alamat yang lengkap dan mudah dihubungi. Apabila Anda ragu lebih baik Anda batalkan mendaftarkan ke agen tersebut sebab kemungkinan terburuknya ialah Anda tidak berangkat haji dan uang Anda raib di bawa kabur.
2. Memasang harga paket umroh promo yang sangat murah dan tidak masuk akal
    Harga tarif yang sangat murah tentu Anda harus waspada, terlebih agen yang memberikan promo hingga dibawah 10 juta. Kenapa Anda harud waspada? sebab Anda harus memperhatikan akomodasi disana begitu pula fasilitas penunjang selama Anda berada di Mekkah. Sebut saja tiket pesawat, hotel tempat menginap, makan serta fasilitas lain yang Anda butuhkan selama disana. Anda harus memperhitungkan hal diatas apabila memperhatikan agen yang memberikan promo super murah kepada Anda. Kegunaan Anda merinci hal tersebut ialah untuk mengkalkulasikan berapa biaya yang seharusnya Anda bayar untuk keperluan Anda selama di Mekkah beserta pergi dan kepulangan Anda ke tanah air.
    Harga yang tidak masuk akal patut Anda waspadai sebab semua akomodasi tentu memerlukan biaya yang cukup mahal. Akan berbeda apabila Anda memenangkan undian umroh ataupun haji secara gratis, Anda tidak perlu membayar.
3. Tidak memiliki website resmi
    Sebuah agen yang memang niat untuk membantu jamaahnya pergi haji, tentunya agen tersebut memiliki sebuah website yang berisi segala informasi tentang keberangkatan maupun tabungan haji tersebut. Anda haruslah waspada, sekalipun agen tersebut mempromosikan melalui media sosial belum tentu agen tersebut merupakan agen terpercaya.
    Hendaklah Anda mengecek keberadaan agen tersebut melalui internet. Dengan menelusuri informasi agen yang bersangkutan akan membantu Anda memilih agen perjalanan haji yang terpercaya dan amanah.
4. Keberangkatan umroh tahun depan atau beberapa tahun kedepan
    Jika Anda menemukan sebuah agen yang memberangkatkan Anda umroh tahun depan, sangatlah tidak masuk akal sebab umroh dapat dilakukan kapanpun. Proses pendaftaran umroh sangat sederhana, apabila Anda telah melunasi pembayaran Anda sudah dapat berangkat saat itu juga.
    Berbeda jika Anda mendaftar sebagai jamaah haji. Haji membutuhkan biaya yang besar juga waktu menabung yang lama, sebab pergi haji hanya di bulan tertentu dan Anda harus menunggu nomor kloter dari departemen agama di Indonesia. Menabung untuk pergi haji, Anda akan menunggu bahkan hingga 10 tahun baru Anda dapat berangkat.   
5. Tidak menggunakan sistem MLM (Multi Level Marketing)
    Sejatinya sistem MLM atau Multi Level Marketing hanya digunakan pada sebuah produk berupa barang dan bukan berupa jasa. Apabila Anda mengetahui sebuah agen yang menggunakan sistem MLM tentulah tidak dibenarkan. Jika sebuah agen menawarkan produk umroh maupun haji dengan tambahan keringanan dengan sebuah bonus Anda harus waspada terlebih jika bonus yang dimaksudkan ialah Anda mengajak orang untuk menabung umroh maupun haji di agen tersebut. Seperti itulah kerja sistem MLM, Anda harus cermati sistem yang digunakan agen tersebut.
Dengan maraknya penipuan berkedok agen travel umroh dan haji, masyarakat masih banyak yang ragu untuk mendaftarkan diri berangkat umroh maupun haji. Tidak ada salahnya jika Anda lebih waspada terhadap maraknya agen-agen disekitar Anda. Jangan terlalu percaya dengan promo haji murah telitilah agen travel yang Anda pilih, jangan sampai menyesal. Berikut cara memilih biro perjalanan yang terpercaya:
Cara Memilih Biro Perjalanan Haji dan Umroh
Pastikan biro travel Anda memiliki ijin umroh dan ijin haji resmi (memiliki SK dirjen haji dan umroh kementrian agama RI) yang belum habis masa berlakunya di website resmi KEMENAG RI.
Pastikan biro travel Anda adalah anggota asosiasi penyelenggara umroh dan haji, seperti ASPHURINDO dan HIMPUH. Dengan biro travel yang merupakan anggota asosiasi merupakan biro travel yang memiliki ijin resmi.
Pesawat yang digunakan (direct atau transit)
    Pesawat merupakan hal termahal dari sebuah paket umroh maupun haji. Pesawat yang tidak langsung ke Jeddah atau Madinah (transit ke negara lain selain Arab Saudi) harga yang ditawarkan lebih murah. contohnya Garuda Indonesia (transit), Lion Air (langsung ke Jeddah), Saudi Air (langsung ke Jeddah atau Madinah) dll.
Akomodasi & Konsumsi
Paket umroh maupun haji beragam sesuai akomodasi dan konsumsi selama di Mekkah. Hotel di Mekkah jumlahnya ada banyak, mulai yang sangat dekat dengan masjidil haram hingga hotel yang berjarak cukup jauh pun tersedia. Begitu pula restoran maupun food court yang tersedia ada banyak. Dari banyaknya pilihan tersebut biro travel haji memberikan penawaran yang berbeda sesuai akomodasi yang mereka berikan, seperti Anda menginap di hotel bintang lima namun Anda makan di area food court.
Pilih travel haji atau umroh yang memiliki akomodasi hotel di Mekkah dekat dengan Masjidil Haram atau di Madinah dekat Masjid Nabawi. Anda harus memperhatikan hal ini karena akan memudahkan jamaah untuk sholat mengingat banyaknya jamaah haji yang usianya tidaklah muda, akan sangat kesusahan dengan jarak yang jauh untuk sholat.
Jadwal keberangkatan yang pasti
Semua travel umroh telah mendapatkan quota visa untuk setiap tanggal keberangkatan. Berdasarkan quota visa tersebut agen travel umroh dapat membooking seat pesawat PP. Namun berbeda untuk paket haji, agen travel tidak dapat memastikan jadwal keberangkatan Anda, sebab haji membutuhkan nomor kloter keberangkatan dan antrian kloter yang cukup panjang dikarenakan haji memiliki kuota terbatas untuk setiap negara.
Muthowif (Pembimbing) selama di Arab Saudi.
Bagi Anda yang tidak paham daerah Arab Saudi maupun yang baru pertama kali datang ke Saudi, Anda memerlukan seorang muthowif (pembimbing) di perjalanan Anda selama beribadah disana. Terdapat banyak kasus jamaah yang tersesat selama melakukan ibadah di Saudi. Hal seperti ini patut Anda pertimbangkan dalam memilih pilihan paket haji ataupun umroh Anda.
Pelayanan khusus bagi Anda yang berkebutuhan khusus (usia lanjut atau memakai kursi roda)
Jangan pilih paket umroh ataupun haji karena harga yang murah, pilihlah paket umroh dengan beragam fasilitas yang diberikan. Berpengalaman dengan harga yang pantas itulah yang harus Anda perhatikan.
Tips memilih travel umroh dan haji
Cek harga yang ditawarkan pihak agen (harga yang masuk akal)
Cek akomodasi (hotel tempat Anda menginap sesuai atau tidak dengan paket yang disediakan)
Jadwal yang telah ditetapkan (jadwal keberangkatan dan kepulangan)
Visa (pastikan dan konfirmasi visa yang Anda dapat dari agen travel ke PPUI)
Apapun pilihan paket haji dan umroh Anda pastikan Anda paham dengan ketentuan yang diberikan agen travel Anda.


SHARE THIS

Author:

Hanya seorang ibu rumah tangga yang belajar bisnis online melalui blog dari rumah ditemani oleh si kembar tiga.

0 comments: