31 Mar 2017

Tips dan Trick Bisnis Online


TRIK BISNIS ONLINE
Dengan teknologi yang semakin berkembang di setiap zaman, manusia kini semakin dimudahkan dalam berbagai hal. Salah satu yang tak dapat lepas dari kehidupan manusia ialah pekerjaan. Terlebih pekerjaan yang dipilih ialah berbisnis. Dengan kemajuan teknologi, khususnya jaringan internet para pengusaha banyak mendapatkan fitur-fitur yang membantu bisnis mereka. Fitur yang ditawarkan mulai dari kemudahan berbisnis dimanapun dan kapanpun hingga website toko virtual. Kemudahaan seperti ini menguntungkan pengusaha terlebih mereka yang ingin berbisnis namun dengan modal kecil dan tanpa sewa bangunan.
Dunia internet yang memungkinkan bertemunya banyak orang di seluruh penjuru dunia memberikan banyak peluang berbisnis. Produk yang Anda jual tidak hanya dilihat oleh warga lokal namun juga warga internasional, yang mana memungkinkan produk Anda memiliki nilai jual yang lebih mahal. Namun, memulai bisnis online haruslah paham dan mengerti tentang bisnis yang akan Anda pilih. Bisnis online ada banyak macam jenisnya dan beragam dengan tingkat kesulitan yang berbeda.
Berikut tips dan trik berbisnis online:
Mencari Pengalaman
Memulai bisnis online, ada baiknya Anda mencari referensi pengalaman bisnis agar dapat mengevaluasi diri dengan kemampuan Anda. Dengan mendapat pengetahuan berbisnis online Anda dapat mengukur keterampilan, modal ataupun keuntungan yang nantinya Anda peroleh.
Peluang yang menguntungkan
Memikirkan peluang yang menguntungkan adalah langkah pertama sebelum Anda menentukan produk yang Anda jual. Anda harus melakukan riset pasar untuk melihat peluang pasar dengan memperhatikan produk yang banyak diminati orang dan berjangka panjang.
Modal
Setiap usaha diawali dengan adanya modal. Berbisnis online hanya memerlukan modal yang sedikit. Hanya dengan ratusan ribu Anda telah dapat membuka bisnis online Anda. Karenanya bisnis online kerap kali telah mendapatkan balik modal di bulan pertama penjualan produk Anda.
Target Pasar
Untuk memulai sebuah bisnis, Anda harus memiliki target. Target yang Anda khususkan tidak harus pasar peminat namun target penjualan maupun target lainnya. Dengan adanya target, Anda akan lebih mudah meningkatkan penjualan ataupun mengoptimalkan pemasaran.
Produk
Inti dari berbisnis ialah menjual, dimana apa yang Anda jual haruslah banyak peminat dan produk yang Anda jual berbeda dari yang lain. Namun, jangan lupa bahwa produk yang Anda jual adalah produk yang memiliki manfaat, cepat laku dan perputarannya cepat. Produk yang dapat dijual berbagai macam muali produk fisik (pakaian, kosmetik, smartphone dll), digital (software, web, desain dll) ataupun jasa (agen tour dan travel, pembuatan website dll).
Akan lebih baik jika produk yang Anda jual ialah yang Anda sukai. Jika itu merupakan suatu barang, Anda jelas lebih tahu tentang kelebihan produk yang Anda jual, apabila itu merupakan jasa yang Anda sukai maka dapat dipastikan hobi Anda memberikan income kepada Anda.
Website/konten
Dengan adanya wadah bagi Anda menjual produk memudahkan Anda menjalankan bisnis online Anda. Tak terkecuali bagi Anda yang mencari atau membutuhkan tenaga profesional dalam berbagi bidang. Dengan adanya website Anda dapat mencantumkan presentasi produk Anda ataupun kriteria skill yang Anda butuhkan.Di Indonesia, Ada banyak website bisnis online yang dapat Anda jadikan wadah bagi bisnis Anda.
Tentu website Anda haruslah memiliki konten/fitur yang mudah dijalankan dan menarik. Sebagi pemula Anda dapat mengisi dengan profil perusahaan, galeri produk, alamat usaha dan contact Anda, cara pemesanan dan form order.
 Marketing
Segala hal memerlukan strategi marketing. Marketing yang paling banyak dipakai ialah menggunakan seorang model untuk mengiklankan produk Anda. Ataupun Anda membuat portal iklan disejumlah situs/web.
Atau Anda yang membuka bisnis jasa online, Anda harus gencar mempromosikan disejumlah website yang ada. Ditambah dengan kriteria dan spesifikasi yang Anda butuhkan.
 Bayar per-klik
Anda dapat berbisnis sambil berinvestasi dalam sebuah website, sebut saja perusahaan e-commerce yang dapat mengambil keuntungan dari klik customer Anda. Semakin sering customer Anda mengunjungi web Anda dan mengklik produk Anda, semakin besar keuntungan yang Anda dapatkan.
Foto produk yang menarik
Untuk Anda yang memulai bisnis online shop, sebuah foto merupakan promosi yang wajib. Dengan sebuah foto, Anda dapat meningkatkan penjualan. Bagaimana bisa? dengan foto yang menarik dan dengan caption unik akan mengundang customer membeli produk Anda.
Kerjasama
Bagi Anda yang ingin memperluas bisnis online Anda, tentu membutuhkan peran partnership dalam bisnis, atau mungkin yang ingin berbisnis namun tak ingin repot Anda dapat melakukan kontak kerjasama. Dengan adanya kerjasama diharapkan kedua belah pihak mendapatkan keuntungan yang adil.
Fokus
The last but not least, Fokus ialah yang menentukan berjalannya bisnis online Anda. Banyak orang yang memulai bisnis online menganggap bisnis mereka 'gagal' karena ini itu, tapi sebenarnya yang menjadi poin utama keberhasilan bisnis online adalah fokus. Fokus yang dimaksudkan ialah fokus terhadap pilihan menjadikan bisnis online Anda sebagai sampingan atau yang utama, fokus terhadap satu jenis bisnis online, fokus terhadap konsistensi terhadap produk maupun customer.
Apabila Anda telah sukses dengan satu jenis bisnis online, tidak masalah apabila Anda ingin mencari income yang lain dari produk bisnis online yang lainnya.
Berbisnis online susah-susah gampang, semua peranan bisnis Anda yang menentukan. Akan lebih baik jika Anda telah merancang bisnis Anda dan menentukan konsep bisnis Anda. Jangan mudah menyerah, belajar dengan serius, bekerja keras merupakan hal penting yang Anda butuhkan untuk memulai berbisnis online. Mengambil resiko tentu akan Anda alami terlebih Anda yang ingin melebarkan bisnis online Anda.


SHARE THIS

Author:

Hanya seorang ibu rumah tangga yang belajar bisnis online melalui blog dari rumah ditemani oleh si kembar tiga.

0 comments: