5 Apr 2017

Teknik Membuat Artikel Blog Yang Menarik dan SEO Friendly

Tantangan dalam membuat artikel blog adalah menyediakan informasi yang "informatif" menarik namun tetap SEO Friendly.

cara-membuat-artikel-blog

Saat baru pertama mengenal "SEO"  kita semua sepakat bahwasannya hal paling utama dalam menulis konten blog adalah harus SEO Friendly.

"Yang penting google dapat memahami informasi / artikel yang kita tulis, entah manusia memahami atau tidak itu urusan nomer sekian."

Nyatanya SEO saja tidak cukup, artikel harus dibuat sepenuh hati dan informatif.

Artikel berbau spammy dan phising keyword yang ditulis dengan cara mengulang ulang kata kunci dengan menarget density keyword yang tinggi' pelan tapi pasti akan melorot juga dari peringkat hasil pencarian search engine.

Lalu bagaimana cara membuat artikel blog yang menarik namun tetap SEO Friendly?

Pelan gaes, Dalam bahasan kali ini kita akan belajar membuat artikel yang pokok bahasannya terkait dengan :
#1: Pemahaman dasar membuat artikel
#2: Contoh artikel blog yang menarik
#3: Contoh artikel blog yang SEO Friendly
#4: Mencari ide artikel
#5: Teknik menulis artikel blog ala matakoin
nb: Ada baiknya artikel nggak bagus ini dibaca pelan pelan sampai selesai gaes 🙆


Memahami Konten Blog / Website

Apa itu konten?

Pengertian konten adalah informasi yang ada dalam sebuah media elektronik, istilah ini berasal dari bahasa inggris (content) yang digunakan untuk mengidentifikasi isi sebuah web / blog baik itu berupa video, musik, gambar maupun informasi yang dituangkan dalam bentuk artikel.

Karena kali ini kita membahas topik cara membuat artikel blog yang menarik dan SEO Friendly, maka tentu saja yang dimaksud dengan konten adalah "artikel blog", baik itu berisi informasi maupun promosi.


Pengertian #1: Apa Itu SEO

Katanya sih, membuat konten yang bagus hanyalah sebagian kecil dari teknik SEO, perjuangan masih panjang. Apakah demikian?

membuat-artikel-seo-friendly

Semua mesin pencari utama seperti Google, Bing dan Yahoo memiliki hasil pencarian utama, di mana halaman web dan konten lain seperti video atau daftar lokal ditampilkan dan diberikan peringkat berdasarkan apa yang mesin pencari anggap paling relevan untuk pengguna.

SEO --> SE (Search Engine) + O (Optimization)

Artinya isi konten dioptimasi sedemikian rupa sehingga search engine seperti google dan bing mengerti apa maksud dari artikel kita.

Setelah mesin pencari mengerti tema pembahasan dalam content kita, maka harapannya adalah dia dapat merekomendasikan kepada para pengguna internet yang mencari informasi menggunakan search engine

cara-kerja-artikel-seo


Pengertian #2: Apa Itu Copywriting

# Copywiting?

# Apakah sama dengan copyright?

# Sejenis makanan?

Belakangan ini para motivator sedang asik membicarakan topik copywriting, mereka bahkan sudah membranding frase "copywriting" dengan aneka bumbu, yang mau tidak mau memaksa para blogger untuk mengikuti.

# Kenapa harus mengikuti?

# Follow the market, Follow trend kata pemain forex, follow traffic kata blogger

# Jadi apa itu copywriting?


Copywriting adalah menulis dengan tujuan periklanan atau pemasaran atau istilah kerennya online marketing.

Hasil sebuah copywriting adalah konten yang dapat mempengaruhi atau membujuk seseorang ataupun kelompok orang untuk mengambil tindakan tertentu setelah membaca sebuah content copywriting.
Maxmanroe : dalam blognya dia mempersamakan istilah copywriting dengan hypnotic writing, yaitu tulisan yang membius dan mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu.
Mayoritas penilaian "motivator dan pembicara itu" (bukan maxmanroe, kalo maxmanroe blogger) mengerucut pada pembahasan Headline, Kalimat Kalimat Iklan Pendek, Gambar bahkan Video.

Kalau dulu kita bilang "iklannya anak kecil nginjek coca cola hanya untuk menekan tombol pepsi" itu adalah iklan unik unik menarik dan lucu, maka sekarang kita bilang copywriting pepsi bagus


contoh-video-copywriting

Iklan diatas memicu anak anak umur 12 tahun untuk melakukan tindakan serupa...

# Karena topik kali ini bicara mengenai artikel blog, maka contoh copywriting yang berhubungan dengan kegiatan menulis adalah "membuat headline"

berikut ini adalah contoh headline yang "konon katanya" produk copywriting

contoh-headline-copywriting

Sebagai bagaian kelompok masyarakat indonesia yang tepo sliro, tutwuri handayani, serta setia kepada pancasila, kita semua tau bahwa cara kaya itu cuma ada 2 :
  1. Kerja Keras
  2. Bejo
di tv memang disebutkan bahwa bejo merupakan salah satu faktor yang mempengarauhi apakah kita jadi kaya atau tidak ^^, smile gaes

# Kembali ke topik

Pilihan headline copywriting dalam artikel yang membidik keyword "mudah kaya" sungguh menyihir dan membuat tangan kita gatal untuk melakukan klik dan membaca artikelnya.

"Iya Copywriting Bangets"

Walaupun sebelum melakukan klik kita sudah tau kalau isinya pasti scam" Boongan" kenapa kita masih melakukannya?

Bukankah sudah jelas dalam pasal 0 undang undang online "Kalau sesuatu itu terdengar bagaikan angir surga, pasti itu boongan"

copywriting-scam

Kita lupakan sejenak blackhat copywriting, kita pakai whtehat copywriting sebagi contoh.

Headline copywriting yang bagaimanakah yang bisa kita adopsi agar dapat membuat artikel blog yang menarik?

Kita pilih "tempat wisata" sebagai keyword, dan inilah hasil pencarian teratas pada search engine "lihat gambar"

membuat-headline-yang-menarik Keyword : TEMPAT WISATA

Tidak perlu melakukan analisa secara mendalam, perhatikan angka yang di arsir.
Menurut matakoin, saat ini headline artikel yang bagus adalah headline yang didepannya diberi angka + tambahkan kalimat yang sedikit ambisius (dalam istilah motivator disebut sebagai calling to action word "konon katanya") :

10.....Terhebat....
15.....Terkaya....
25.....Paling....
100.... Ter ter ter ter
Tentunya dengan tetap memperhatikan SEO dimana penempatan keyword sebisa mungkin ditempatkan pada bagian paling kiri pada judul artikel, lihat peletakan kata kata "Tempat Wisata" pada contoh diatas.

# Pengantarnya saja panjang sekali


Ok dilanjutkan ke topik utama.


Pengertian #3: Apa Itu Artikel Blog

Artikel Adalah?
wikipedia : Artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur
Blog Adalah?
wikipedia : Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.
Artikel Blog?
matakoin.com : Artikel yang dipublikasikan pada Blog 😜😜
Artikel Blog adalah artikel yang dipublikasikan dalam media weblog, artikel blog memiliki karakteristik yang berbeda tergantung tujuan konversi dalam menulis artikel dari masing masing pemilik blog.


#4: Jenis Jenis Artikel Blog

Berdasarkan rangking traffic / banyaknya pengunjung berikut ini adalah pokok bahasan artikel yang ditulis para blogger secara umum :


a. Blog "Apa Itu"

Jenis blog seperti ini goalnya adalah memberikan informasi kepada pembaca pemula mengenai informasi yang tepat tentang suatu hal.

contoh : ketika pertama kali kita mendengar kata kata "tax amnesty" tentunya ada rasa ke ingin tahuan dan penasarn, namun mau anya sama teman kok malu, akhirnya tanya di search engine deh

apa itu tax amnesty?

Google pun akhirnya menampilkan hasil pencarian paling relevan menurut sistem algorhytmnya.

Traffic blog dengan tema ini sangat tinggi dibandingkan dengan tema tema lain. kalau ingin action segera, cobalah mulai menjelaskan hal hal di sekitar kita.

apa itu usuk, apa itu reng, apa itu genteng, apa itu asbes, apa itu chrome, apa itu potas, apa itu baku riki, apa itu baveto apapun yang ada dikepala kita dan belum ditulis oleh blogger lain.

# Jaminannya adalah rangking 1 google secara instant untuk keyword tersebut.



b. Blog How-to / Cara / Tutorial / Tips dan Trik

Bagaimana cara membuat artikel blog yang menarik?

Lupa ya? anda berangkat dari keyword tersebut hingga pada akhirnya sampai pada artikel ini, hal itu telah menjelaskan segalanya.

Blog tutorial adalah jenis blog kedua dengan traffic tertinggi, tapi jangan minder dulu melihat persaingan yang ada.

Modal paling utama membuat blog jenis how to adalah "memiliki skill" apapun itu

Beberapa ide blog tutorial diantaranya adalah : cara membuat email, cara membuat ktp, cara membuat batako, cara membuat kolam, cara membuat pita, cara membuat panah, cara betrnak, panduan menebang pisang, cara naik gunung slamet, cara berhemat dll.

# Kira kira apa keahlian kita yang tidak dimiliki orang lain dan belum dituliskan di dunia maya? cobalah menuliskan dalam sebuah artikel blog anda sendiri !! rangking 1 google sudah ada di tangan



c. Blog Download Gratis

Anda menggunakan microsoft office? download dimana? copy sama teman?

Kalau asumsi jumlah penduduk indonesia usia 15 tahun sampai 50 tahun yang mampu mengoperasikan komputer adalah 30% dari keseluruhan jumlah penduduk indonesia.

Maka minimal ada 100 juta pencarian untuk keyword  download microsoft office.



d. Blog Fakta Unik

Jenis blog ini tipicalnya adalah sekedar memuaskan rasa penasaran akan suatu hal yang unik dan menarik.

saya pribadi menyukai blog tipe "hot thread kaskus" seperti ini, sekedar baca baca


e. Tulisan Pribadi

Ide Web Log / Blog berangkat dari tema ini, namun kreatifitas para blogger telah membawa blog ke segala arah.

blog dengan tema artikel pengalaman pribadi jarang dilirik oleh pengguna internet, kecuali sudah ngartis duluan sebelumnya


Karakteristik Artikel Blog Yang Menarik 

Artikel blog yang menarik itu yang bagaimana?

Berbicara tentang "menarik" tentunya standar setiap orang berbeda, artinya "artikel menarik" adalah artikel yang sesuai harapan orang yang membaca artikel tersebut.

Dari isi artikel maka sebaiknya "jujur" apa yang ditampilkan dalam headline artikel dalam snippet search engine harus sesuai dan mencerminkan isi artikel blog.

Tampilan template dan nama domain blog juga merupakan bagian tak terpisahkan dari "kesan menarik"
Matakoin : Artikel Menarik adalah artikel yang jujur (snippet, pilihan headline, judul, dan isi artikel harus sesuai). Orang tidak membaca artikel kita karena "menarik" mereka lebih fokus mencari informasi yang dibutuhkan, daripada mencari informasi yang "menarik"...
Soal apakah itu menarik atau tidak sebaiknya kita gunakan statistik visitor sebagai acuan, kalau banyak yang baca tentulah itu menarik.

Daripada meributkan tentang apakah artikel itu menarik atau tidak, lebih baik kita bicarakan "Bagaimana sebuah artikel seharusnya ditulis"


Artikel Menarik #1: Ciri Ciri Artikel Yang Baik

Bagaimana seharusnya artikel ditulis?

matakoin: artikel blog yang baik harus menyajikan 5w1h + 1F
Artinya?

5w1h : what, who, where, when, why, how + F.A.Q

What
Apa - artikel yang ditulis harus dapat menjawab "sebenarnya kita nulis tentang apa" artinya temanya harus jelas

Who
Siapa - artikel blog yang ditulis harus memiliki subjek (tokoh), siapa yang menjadi tokoh utama, apakah itu dia, aku, kamu, mereka? / bambang, nunung, komeng? / google, microsoft, adobe, blogger?.

Who harus berkaitan dengan What

Where
Dimana - dimanakah TKP nya? apakah kantor polisi, lapangan sepakbola, facebook, twitter?

Where menjelaskan tentang what

When
Kapan - kapan waktu terjadi what?

Why
Kenapa - why adalah kenapa what bisa terjadi

How
Bagaimana - bagaimana what bisa terjadi, kok bisa sih? bagaimana caranya?

F.A.Q
Pertanyaan paling sering muncul - tampilkan pertanyaan yang paling sering muncul / paling sering ditanyakan orang terkait what.
matakoin: Iya... 5W1H adalah ilmu dasar jurnalistik, so what? bukankah ketika membicarakan frase "cara membuat artikel" kita memang sedang membicarakan ilmu jurnalistik


Artikel Menarik #2: Contoh Artikel Yang Baik

Semua topik artikel kurang lebih bisa dikaitkan dengan 5W1H + FAQ, bukan hanya laporan kecelakaan atau laporan kepolisian saja.

Berikut ini adalah contoh artikel yang baik dengan topik yang "kurang begitu baik"

Topik : COD (Cost On Delivery) that's it....gimana caranya buat tulisan dari hal sepele semacam ini?

cara-membuat-artikel-blog-yang-menarik

Lebih lengkap tentang artikel tersebut bisa dilihat pada halaman berikut cost on delivery


Artikel Menarik #3: SEO Friendly

Pernah denger perdebatan anak ayam dan telur? belum?

# Pro SEO: Artikel itu yang penting SEO nya, buat apa nulis bagu bagus kalau ndak muncul di halaman 1 google.... percuma ndak da yang baca

# Pro Quality Content: Yang dicari orang itu informasi yang informatif dan membantu, bukan maksain keyword yang akhirnya gak enak dibaca

#Pro SEO: Klo ndak di nomer 1 google sapa yang baca?

...dst nggak akan habis kalaupun diterusin.

Jadi musti bagaimana?
matakoin: Cukup optimasi pada onpage SEO saja, dengan tidak merusak keindahan tulisan


SEO Judul Artikel

Gunakan judul artikel yang menarik "katanya sih copywriting" namun tetap jujur, letakkan keyword yang dibidik pada awal kalimat (kalau bisa). Maksimal 65 huruf (matakoin: saya 55 huruf biasanya)

biar ndak kepotong judulnya

optimasi-judul-artikel-blog


SEO Deskripsi Artikel

Buat deskripsi yang memacu klik "katanya sih copywriting juga", letakkan keyword yang dibidik pada awal kalimat (kalau bisa). standar google adalah 165 huruf (matakoin: Jangan lebih dari 150 huruf)

biar ndak kepotong snippetnya



Density Keyword

Density keyword adalah frekuensi "tingkat keseringan" munculnya kata kunci pada artikel yang sedang ditulis.Semakin tinggi maka semakin mudah google mengenali artikel kita.

Eits tapi tunggu dulu....

Bila kita meningkatkan tingkat density keyword pada artikel yang hanya 500 - 800 kata maka artikel blog akan kelihatan spammy, ndak enak dibaca
matakoin: Caranya gampang, panjangin aja sekalian artikelnya biar keyword incaran dapat berbaur dan blending dengan sempurna dalam artikel


Heading Tag

Gunakan H1, H2, H3,H4, dan H5 dengan cerdas.

heading-tag-dalam-artikel
Untuk pengaplikasian heading tag dalam membuat artikel blog dapat dilihat pada gambar dibawah ini

penggunaan-heading-tag



Cara Membuat Artikel Blog Yang Menarik dan SEO Friendly

Sudah cukup teorinya gaes, sekarang waktunya praktek, dan inilah checklist yang harus dilakukan pada saat akan membuat artikel blog (dirangkum dari teori diatas):


Langkath #1: Memilih Tema Artikel Blog / Headline

Tema artikel blog haruslah sesuatu yang kita mengerti dan menguasai, kalau anda seorang guru coba tulislah artikel terkait pendidikan, bila seorang facebooker pilihlah tema seputaran facebook.

Bagaimana kita hendak menulis sebuah artikel yang bahkan kita tidak mengerti akan hal itu?


Langkath #2: Riset Tema Artikel Blog

Setelah tema dipilih hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah riset kata kunci, sub tema, dan detil detil lain.

Gunakan adword planner sebagai tools


Saya menggunakan tema "bisnis online" sebagai contoh tema

mencari-tema-artikel-blog
Banyak juga ternyata yang mencari referensi bisnis online.

Perhatikan statistik pada keyword "wira usaha" volume monthly searchnya tinggi, dan persaingan keyword "low"
Okelah kalau begitu di adjust sedikit temanya dari "bisnis online" menjadi "wirausaha"

Sebagai blogger kita harus fleksibel dalam memberikan informasi, mengetahui batas kemampuan diri dan mengerti momen dimana kita harus menyesuaikan diri sangatlah penting.


Langkath #3: Membuat Kerangka Artikel Blog

Membuat kerangka artikel membutuhkan riset lanjutan, kali ini gunakan google sebagai tools

riset-kata-kunci

Berdasarkan riset artikel pada search engine diketahui bahwa "wirausaha" itu berhubungan dengan contoh, ide, sukses, pengertian, modal kecil. Lanjut ke langkah 4


Langkath #4: Membuat Struktur Artikel

Tema : Wirausaha
Judul : Menjadi Wirausaha Muda Mandiri Yang Sukses Pasti Bisa (53 huruf)
Sub Judul 1: Pengertian Wirausaha (menjawab what)
Sub Judul 2: Kisah Sukses Wirausahawan Muda (menjawab who)
Sub Judul 3: Ide Wirausaha Menguntungkan (menjawab how)
Sub Judul 4: Memulai Usaha dengan Modal Kecil (menjawab how)
Sub Judul 5: Kenapa Harus Berwirausaha sejak dini (Menjawab Why)
Sub Judul 6: Mulai Usaha Sendiri Dari Rumah (Menjawab where dan when)
Sub Judul 7: Tips dan quotes dari pelaku usaha sukses (F.A.Q)



Langkath #5: Buat Artikelnya

Bila struktur artikel telah disusun, maka saatnya menulis artikel, tulis sebebas bebasnya dan as liar as posible --> "liar bahasa indonesia"


Langkath #7: Buat Deskripsi

Ingat "tempatkan keyword utama di paling kiri" dan " jangan lebih dari 150 huruf.

Deskripsikan artikel dengan menarik dan membius pembaca snippet melakukan klik, eits jangan boong dan terlalu bombastis...jujur saja.

Langkath #8: Post Artikel

Saatnya posting dan publikasikan artikel agar bisa dinikmati oleh publik


Langkath #9: Submit Url

Submit artikel pada search engine


Langkah #10: Selesai


teknik-membuat-artikel-blog


SHARE THIS

Author:

Hanya seorang ibu rumah tangga yang belajar bisnis online melalui blog dari rumah ditemani oleh si kembar tiga.

2 komentar:

  1. Kontes SEO QBANDAR!!
    RAIH total HADIAH 30 juta rupiah!!

    QBandar Dengan Keyword : Agen BandarQ Judi Sakong Bandar Poker Online Terpercaya QBANDAR
    Tanggal : 10 Mei 2017 sampai 25 Juli 2017
    Selengkapnya : http://QBandar.org/Kontes/

    Tunjukkan kalau SKILL SEO anda yang terbaik di SINI!!!

    BalasHapus
  2. Situs POKER paling menarik....
    Apalagi kalau bukan RUBYQQ
    Dengan didukung server terbaik.

    Keunggulan Bermain Bersama kami :
    - 100% Fair Play ( Player vs Player )
    - Bisa bermain dengan Versi ANDRIOD & IPHONE
    - Minimal Deposit 15.000,- Withdraw 15.000,-
    - Support Bank BCA - BNI - BRI - CIMB - Mandiri.

    Untuk informasi lebih lengkap silahkan Hubungi Customer Service kami :
    *BBM : 2B8938F7
    *FACEBOOK : rubyqq
    *SKYPE : RUBY QQ
    *Livechat 24 jam : Official site rubyqq

    BalasHapus