12 Apr 2017

Pengertian Domain Itu apa? Apa Perbedaan .com .net .co.id?

Artikel tentang pengertian domain ini merupakan artikel lanjutan yang merupakan penjelasan detil berdasarkan subtema panduan membuat website untuk bisnis online.

Dalam artikel kali ini matakoin membahas hal hal terkait:
Apa itu domain
perbedaan domain dan url
Perbedaan Com dan Net
TLD domain
Cara memilih nama domain
Cara membeli nama domain
Ok gaes langsung cek this out saja ya" selamat belajar !!

Apa Itu Domain Name / Nama Domain ?

Pengertian domain name system "DNS" / dalam bahasa indonesia disebut sebagai nama domain adalah sistem penamaan yang ramah untuk memberikan alamat ke server web dan halaman web, sistem nama domain memberikan alamat kepada server sehingga mudah diingat dan mudah diucapkan, nama domain meng"hide" alamat IP yang sifatnya membingungkan bagi pengguna kebanyakan.
Tanpa adanya sistem penamaan domain maka untuk akses web kita bukannya mengetik google.com , matakoin.com maupun bing.com tapi mengetik ip address alamat server web seperti http://10.11.13.55 http://192.168.1.254.

Sistem domain name memudahkan kita mengingat alamat destinasi sebuah server web.

zzz


Terminologi Domain Name

Untuk mengerti lebih jauh tentang apa itu domain name dan apa dibalik .com .net dan dot dot yang lain serta penjelasannya maka berikut ini detil susunan karakter dalam domain:

Membaca Nama Domain
Nama domain tersusun dan terorganisir dari sebelah kanan baru kekiri, dimana induk berada di sebelah kanan dan anak atau sub nya berada di sebelah kiri dan tanda . (titik) sebagai pemisah.

Contoh 1: Nama domain "matakoin.com"

Nama domain tersebut induk domainnya adalah "COM" induk domain disebut dengan istilah TLD (Top Level Domain).

matakoin adalah nama domain yang menginduk ke TLD COM

Contoh 2: Nama domain "ella.matakoin.com"

Dari contoh 2 maka Top Level Domainnya nya adalah COM, middle domainnya adalah matakoin dan ella sebagai sub domain (titik berfungsi sebagai pembatas).



Perbedaan Nama Domain dan URL

Domain adalah hal yang berbeda dengan URL, secara teknis nama domain merupakan "bagian" dari  URL.

URL sifatnya lebih detil karena memberikan informasi yang lebih lengkap tentang alamat halaman spesifik, nama folder, alamat mesin, dan protokol bahasa program.

Contoh URL (Uniform Resource Locator): http://www.matakoin.com/2017/04/cara-membuat-website-gratis-untuk-bisnis-online.html

HTTP adalah sebuah protokol tanya jawab antara klien dan server, artinya ketika ada karakter "http" ditulis dalam kolom alamat browser dan kemudian kita tekan tombol enter maka browser akan meminta kepada server untuk membuka halaman web dengan alamat www.matakoin.com/2017/04/cara-membuat-website-gratis-untuk-bisnis-online.html

dari contoh diatas www berfungsi sebagai sub domain, matakoin merupakan middle domain dan com merupakan top level domainnya. www disini bukan berperan sebagai "WORLD WIDE WEB yang istilah itu" tapi berperan sebagai sub domain. tengok saja in.matakoin.com tanpa www.

agak bingung njelasinnya hehe...

2017 merupakan sebuah folder dalam server, 04 merupakan sub folder dari 2017 dalam server.

cara-membuat-website-gratis-untuk-bisnis-online.html merupakan halaman web yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman html.


TLD Top Level Domain .com .net .co.id

Bila teman teman ingin tau perbedaan com net co.id dan lainnya maka disini akan sedikit saya berikan penjelasan yang mudah mudahan dapat menjelaskan semuanya.

com net co.id org online dll kita sebut saja sebagai TLD "Top Level Domain" sebagaimana telah saya jelaskan diatas.

Bila sebelumnya pertanyaannya adalah "apa perbedaan com dan net" dan karena kita sudah mengerti bahwasannya com dan net itu merupakan sebuah TLD maka pertanyaannya juga harus kita sesuaian. jadiii

APA PERBEDAAN MASING MASING TLD, DAN MANA YANG LEBIH BAIK?


Tipe TLD Domain

Tanggung jawab untuk mengarut TLD didelegasikan pada organisasi tersendiri yaitu ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers), yang bertanggung jawab untuk mengoperasikan IANA (Internet Assigned Numbers Authority) dengan cara megoperasikan dan memelihara jalur DNS dan IP address di seluruh dunia.

Pada tahun 2015 IANA membagi TLD kedalam beberapa Group namun yang umum diketahui oleh masyarakat terdapat 4 jenis TLD sebagai berikut :

sTLD
Sponsored top-level domains (sTLD): Adalah jenis domain ini diajukan dan disponsori oleh organisasi tersendiri dimana terdapat persyaratan khusus bagi masyarakat untuk dapat menggunakan TLD jenis ini.

Contoh sTLD : .bank .pharma .aero .asia .cat .coop .edu .gov .int .jobs .mil .mobi .museum .post .tel .travel .xxx


ccTLD
Country-code top-level domains (ccTLD): Aadalah domain dua karakter yang penggunaannya dikhususkan untuk sebuah wilayah atau negara, karakter yang digunakan adalah 2 karakter kode negara pada awalan huruf. Indonesia sendiri menggunakan ccTLD .id (dot id)

Contoh ccTLD : A .ac .ad .ae .af .ag .ai .al .am .ao .aq .ar .as .at .au .aw .ax .az   B .ba .bb .bd .be .bf .bg .bh .bi .bj .bm .bn .bo .br .bs .bt .bw .by .bz   C .ca .cc .cd .cf .cg .ch .ci .ck .cl .cm .cn .co .cr .cu .cv .cw .cx .cy .cz   D .de .dj .dk .dm .do .dz   E .ec .ee .eg .er .es .et .eu   F .fi .fj .fk .fm .fo .fr   G .ga .gd .ge .gf .gg .gh .gi .gl .gm .gn .gp .gq .gr .gs .gt .gu .gw .gy   H .hk .hm .hn .hr .ht .hu   I .id .ie .il .im .in .io .iq .ir .is .it   J .je .jm .jo .jp   K .ke .kg .kh .ki .km .kn .kp .kr .kw .ky .kz   L .la .lb .lc .li .lk .lr .ls .lt .lu .lv .ly   M .ma .mc .md .me .mg .mh .mk .ml .mm .mn .mo .mp .mq .mr .ms .mt .mu .mv .mw .mx .my .mz   N .na .nc .ne .nf .ng .ni .nl .no .np .nr .nu .nz   O .om   P .pa .pe .pf .pg .ph .pk .pl .pm .pn .pr .ps .pt .pw .py   Q .qa   R .re .ro .rs .ru .rw   S .sa .sb .sc .sd .se .sg .sh .si .sk .sl .sm .sn .so .sr .ss .st .su .sv .sx .sy .sz   T .tc .td .tf .tg .th .tj .tk .tl .tm .tn .to .tr .tt .tv .tw .tz   U .ua .ug .uk .us .uy .uz   V .va .vc .ve .vg .vi .vn .vu   W .wf .ws   Y .ye .yt   Z .za .zm .zw


grTLD
restricted generic Top-Level Domains (grTLD): Adalah domain yang diperbolehkan digunakan untuk masyarakat umum namun dengan persyaratan tertentu dalam pengajuannya

Contoh ccTLD: .biz .name .pro

.BIZ diperuntukkan bagi biznis
.NAME diperuntukkan bagi individu yang memenuhi syarat
.PRO diperuntukkan bagi professional dan entitas tertentu


gTLDs
unrestricted generic Top-Level Domains adalah sistem penamaan domain dimana siapapun dapat menggunakan nama tersebut untuk apapun dan dengan cara bagaimanapun.

Contoh gTLDs: .com .net .info .org dll


JADI TLD DOMAIN MANA YANG LEBIH BAGUS?

Kembali ke pertanyaan dasar terkait domain, jadi domain apa yang lebih bagus? apa bedanya .com dan .net? harusnya pakai domain apa?
Domain paling terkenal di dunia adalah domain jenis gTLDS :
  1. .com: Commercial (for-profit) websites
  2. .net: Network-related domains
  3. .org: Non-profit organizations
  4. .info Information
Bila berbicara tentang mana yang lebih baik tentunya muncul pertanyaan lanjutan, terbaik dalam hal apa?


#1: Dalam hal SEO Google tidak membedakan TLD, yang dibedakan adalah middle domainnya


jualsapi.com dan jualsapi.net SEOnya sama menurut google

jualansapi.com dan jualsapi.net (tentunya SEOnya lebih bagus jualsapi.net) karena terget keyword dalam pencarian antara jualsapi dan jualan sapi lebih banyak jual sapi dalam search engine.

jadi secara umum hasil pencarian google tidak membedakan jenis TLD namun keyword pada mid domain.


#2: Pandangan Masyarakat TLD Com Lebih Baik daripada NET

Berbeda dengan SEO' masyarakat beranggapan bahwa domain website ya "com"

Contoh:

Ada sebuah perusahaan jasa sablon terkenal dengan brand "KAOSUNIK" lalu apa yang dilakukan oleh customernya ketika hendak mengunjungi website resminya?

>>Buka internet kemudian ketik kaosunik.com kemudian enter

Masyarakat tidak peduli kalau ternyata website resminya adalah kaosunik.net ataupun kaosunik.id


#3: Kesimpulan TLD Domain Terbaik

TLD domain terbaik adalah "COM TLD"


Cara Memilih Domain Yang Baik

Mau beli domain kan?

Pertanyaannya adalah, "bagaimana cara memilih domain yang baik", berikut ini syarat yang harus dipenuhi bila hendak memilih domain:
  1. Gunakan TLD "COM" (terkait penjelasan saya diatas)

  2. Gunakan Kata yang Mudah Diingat

    Pengunjung website milik teman teman harus mudah mengingat nama website kalau berharap dia berkunjung lagi di lain waktu. ingat matakoin.com kan? lain waktu berkunjung kembali ya !!

  3. Relevan dengan Isi Websit

    Kalau isi website adalah tentang jualan sapi maka pilih domain yang berhubungan dengan sapi seperti sapi.com lembu.com atau jualsapi.com. Jangan gunakan kambing.com untuk website yang contentnya membahas tentang Sapi. Isi web matakoin adalah tentang tutorial bisnis online mencari uang di internet, relevan kan?

  4. Gampang Diucapkan

    Kenapa? sehingga kalau ada yang bertanya mudah" webmu apa gaes? capicantique.com... kayanya yang diadengar sapicantik.com dan akhirnya temenmu gaes" akan kesasar di web orang

  5. Kedengaran Terpercaya

    Ingat quote margaret teatcher “Being powerful is like being a lady. If you have to tell people you are, you aren’t.”

    Artinya kalau teman teman mengaku bahwa teman teman adalah yang terbaik, maka sebenarnya teman teman bukanlah yang terbaik. Karena yang terbaik tidak pernah mengaku dirinya terbaik, hindari nama domain kaosterbaik.com sapitercantik.com dll

  6. Unik dan Branded

    Sepertinya sudah pada ngerti....yaaa semacam matakoin lah unik dan branded seperti pepatah "BAGAIKAN DUA SISI MATA KOIN"

  7. Sebuah Keyword

    banyak dicari orang pada mesin pencari GOOGLE contoh: internet.com website.com email.com dst
Sudah pada ngerti kan bagaimana cara milih domain yang baik?

Saatnya Praktek memilih domain... silahkan berkunjung pada penyedia layanan hosting "godaddy" dan lihat instruksi pada gambar.


memilih-nama-domain-dimana

Sayangnya domain pilihan temen temen pada sudah dibeli orang ya?

xixixixi .. domain ibaratnya adalah property di dunia maya "dibisniskan" peluang usaha murah.

contoh: Bila saya memiliki domain dengan nama firezone.com dan pada suatu hari ada sebuah perusahaan mobil yang mengeluarkan produk dengan brand  firezone maka apa yang akan terjadi?

firezone.com yang merupakan paten saya dan domain saya pastinya akan dibeli oleh perusahaan tersebut dengan harga "berapapun yang saya sebut" kalau perusahaan itu tidak mau maka silahkan gunakan domain lain seperti firezone.net

Tapi? setelahnya firezone.com akan saya jual ke perusahaan pesaing.... jadi? saya yakin pasti dibeli xixxixi

Bisnis domain yang seperti ini disebut domaining atau istilah yang umum digunakan adalah flipping


Cara Membeli Nama Domain

Kurang tepat sebenarnya kalau kita menggunakan istilah "BELI DOMAIN" istilah yang tepat adalah "SEWA DOMAIN" karena ada masa daluarsa / batas waktu penggunaan.

Batas penggunaan domain adalah 5 tahun namun sebelum kontrak habis bisa diperpanjang lagi selama 5 tahun dan begitu seterusnya sampai seumur hidup.

Nama domain dapat dibeli atau disewa pada website penyedia layanan hosting seperti :
  1. godaddy.com
  2. hostgator.com
  3. idwebhost.com (indonesia)
  4. rumahweb.com (indonesia)

Ok Gaes....ndak akan habis kalau diteruskan, kita akhiri saja pembahasan tentang domain dan sampai jumpa pada tutorial bisnis online matakoin yang lainnya.


Last Update:

SHARE THIS

Author:

Hanya seorang ibu rumah tangga yang belajar bisnis online melalui blog dari rumah ditemani oleh si kembar tiga.

1 komentar: