8 Mei 2017

5 Cara Memutihkan Kuku Secara Alami, Sehat Tanpa Resiko

Kuku putih bersih terawat memberikan kesan cantik alami bagi pemiliknya, siapa sih yang nggak pingin terlihat cantik, kali ini matakoin memberikan sedikit tips cara memutihkan kuku secara alami... simak penjelasannya berikut ini:


Pengertian Kuku Secara Medis


Pengertian Kuku - Kuku adalah bagian tubuh manusia yang terus tumbuh dan berfungsi untuk melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, Kuku adalah bagian dari tulang yang terbuat dari lapisan protein yang disebut keratin.

Untuk tahu bagaimana cara menjaga kuku tetap sehat dan bagaimana menjadikan kuku sebagai indikator masalah kesehatan, kita harus tahu bahwa kuku terbuat dari lapisan protein yang disebut keratin, yaitu sejenis protein yang juga ditemukan pada kulit dan rambut manusia.


Anatomi Kuku Manusia


Kuku Manusaia terdiri dari beberapa komponen yang berbeda, komponen komponen penyusun kuku adalah:
  1. Pelat kuku - adalah bagian kuku yang bisa Anda lihat.
  2. Kulit di sekitar kuku - disebut sebagai lipatan kuku.
  3. Kulit yang ditutupi kuku - dikenal sebagai tempat tidur kuku (nail bed).
  4. Kutikula Kuku - adalah jaringan yang menutupi bagian bawah kuku untuk melindungi keratin yang baru terbentuk saat kuku tumbuh.
  5. Lunula - Adalah cekungan setengah lingkaran putih yang terlihat di dasar kuku
anatomi-kuku-manusia

Fakta Kuku Manusia


Kuku diproduksi dengan sel kulit hidup di jari. Kuku tumbuh dari matriks. Seiring sel-sel baru tumbuh dalam matriks, sel-sel yang lebih tua terdesak keluar, dipadatkan dan menjadi bentuk kuku yang kering dan mengeras.

Fakta Kuku Manusia #1: Tingkat pertumbuhan rata-rata kuku adalah 0,1 mm setiap hari (atau 1 sentimeter dalam 100 hari).

Tingkat pertumbuhan kuku yang tepat bergantung pada banyak faktor termasuk usia dan jenis kelamin individu dan waktu tahun. Kuku umumnya tumbuh lebih cepat pada anak muda, pada pria, dan di musim panas.

Fakta Kuku Manusia #2: Kuku jari tangan tumbuh lebih cepat dari kuku jari kaki. Kuku di tangan kanan orang yang menggunakan tangan kanan tumbuh lebih cepat daripada yang ada di tangan kiri mereka, dan sebaliknya pada orang dengan tangan kidal.

Fakta Kuku Manusia #3: Kuku yang sehat memiliki fungsi melindungi phalanx distal, ujung jari, dan jaringan lunak sekitarnya dari luka.

Kuku juga berfungsi untuk meningkatkan gerakan halus yang tepat dari digit distal melalui tekanan balik yang diberikan pada pulpa jari.

Kuku kemudian bertindak sebagai pelindung saat ujung jari menyentuh benda, sehingga meningkatkan kepekaan ujung jari, meskipun kuku tidak memiliki ujung saraf.

Fakta Kuku Manusia #4: Bagian kuku yang tumbuh berada di bawah kulit pada ujung proksimal kuku di bawah epidermis, yang merupakan satu-satunya bagian kuku yang hidup.

Fakta Kuku Manusia #5: Pada mamalia, tingkat pertumbuhan kuku berhubungan dengan panjang terminal falang (tulang jari terluar).

Jadi, pada manusia, kuku jari telunjuknya tumbuh lebih cepat dari jari kelingking; Dan kuku jari tangan tumbuh hingga empat kali lebih cepat dari kuku jari kaki.

Fakta Kuku Manusia #6: Pada manusia, kuku tumbuh rata-rata 3 mm (0,12 in) sebulan. Kuku wanita terpanjang yang pernah ada berukuran total 601,9 cm.

Kuku jari membutuhkan tiga sampai enam bulan untuk tumbuh kembali sepenuhnya, dan kuku kaki memerlukan dua belas sampai delapan belas bulan.

Tingkat pertumbuhan sebenarnya tergantung pada usia, jenis kelamin, musim, tingkat olahraga, diet, dan faktor keturunan. Bertentangan dengan kepercayaan populer, kuku tidak terus tumbuh setelah mati; Kulit dehidrasi dan mengencangkan, membuat kuku (dan rambut) nampak tumbuh.


Perawatan Kuku


Kuku bisa mengering, sama seperti kulit. Kuku juga bisa terinfeksi. Infeksi kuku kaki, misalnya, dapat disebabkan atau diperburuk oleh kaus kaki kotor, olahraga agresif tertentu (lari jarak jauh), alas kaki yang terlalu ketat, dan berjalan tanpa pelindung di lingkungan yang tidak bersih. Organisme umum yang menyebabkan infeksi kuku meliputi jamur (terutama dermatofit).

Alat untuk kuku seperti gunting kuku atau alat manicure yang digunakan oleh orang yang berbeda dapat menularkan infeksi. Prosedur higienis dan sanitasi standar dapat menghindari transmisi. Dalam beberapa kasus, gel atau penghilang kutikula gel dapat digunakan sebagai pengganti menggunting kutikula. Penyakit kuku bisa sangat halus dan harus dievaluasi oleh dokter kulit dengan.
Cara Memutihkan Kuku Secara Alami

Kuku yang putih memang terlihat muda dan sehat, tapi tangan kita menyentuh banyak benda setiap hari membuat kuku menjadi kotor sebab noda yang menumpuk. Selain itu, kuku juga bisa berubah warna karena penggunaan cat kuku yang terlalu sering.

Membersihkan dengan sikat kuku saja tidak cukup menghasilkan hasil yang Anda inginkan, gunakan bahan tertentu untuk memutihkan kuku.


Cara Memutihkan Kuku Secara Alami


Cara terbaik merawat kuku adalah dengan memotongnya secara teratur. Tempat tidur kuku yang berwarna kebiruan atau ungu mungkin merupakan gejala sianosis perifer, yang mengindikasikan kekurangan oksigen.

Untuk mendapatkan kuku yang putih dan sehat, Anda juga harus memperhatikan asupan vitamin Anda. Vitamin A adalah nutrisi mikro penting untuk penglihatan, reproduksi, diferensiasi sel dan jaringan, dan fungsi kekebalan tubuh. Vitamin D dan kalsium mampu mempertahankan homeostasis, menciptakan kontraksi otot, transmisi pulsa saraf, pembekuan darah, dan struktur membran. Kurangnya vitamin A, vitamin D, atau kalsium bisa menyebabkan kekeringan dan kerapuhan.

Kurangnya vitamin B12 dapat menyebabkan kekeringan berlebihan, kuku yang gelap, dan ujung kuku yang membulat atau melengkung. Kurangnya asupan vitamin A dan B menghasilkan kuku rapuh dengan punggung horizontal dan vertikal.

Protein adalah asupan untuk kuku baru; Oleh karena itu, asupan protein diet rendah dapat menyebabkan anemia dan akibatnya mengurangi hemoglobin dalam darah yang mengisi kapiler tempat tidur kuku, yang menghasilkan warna pink yang lebih rendah yang pada akhirnya menghasilkan tempat tidur kuku putih saat hemoglobin sangat rendah.


Tips Memutihkan Kuku Secara Alami #1: Air Perasan Lemon.


cara-memutihkan-kuku-secara-alami

Metode memutihkan kuku sendiri secara alami yang sangat mudah adalah dengan merendam jari-jari Anda ke dalam air lemon. Peras dua lemon dan tempatkan pada sebuah mangkuk, masukkan ujung jari ke dalam mangkuk selama kira-kira 10 menit agar jusnya masuk meresap ke area di bawah kuku.

Bilas tangan dengan air hangat, lalu gunakan krim tangan / kuku.


Tips Memutihkan Kuku Secara Alami #2: Baking Soda


cara-memutihkan-kuku-secara-alami

Baking soda dikenal dengan manfaat kecantikannya yang tak terhitung jumlahnya. Untuk memutihkan kuku secara alami, campurkan dua sendok teh baking soda dengan air hangat sampai berbentuk seperti pasta dan oleskan di kuku Anda. Biarkan selama sekitar 5 menit dan kemudian bersihkan.


Tips Memutihkan Kuku Secara Alami #3: Pasta Gigi. 


cara-memutihkan-kuku-secara-alami

Cara lain yang bisa diterapkan adalah dengan menggosok kuku dengan pasta gigi. Caranya seperti saat kita hendak menggosok gigi.

Letakkan pasta gigi secukupnya di atas sikat gigi, lalu gosok kuku secara perlahan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, diamkan pasta gigi di kuku selama 3 menit, lalu bilas dengan air hangat.


Tips Memutihkan Kuku Secara Alami #4: Cuka. 


memutihkan-kuku-secara-alami

Kita juga bisa memutihkan kuku secara alami menggunakan cuka putih, caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok makan cuka putih beserta secangkir kecil air putih.

Rendam jari tangan dicampuran cuka dan air putih selama 5 menit.

Angkat tangan, keringkan dan jangan lupa oleskan krim tangan atau kuku agar kuku tetap lembab.


Tips Memutihkan Kuku Secara Alami #5: Sabun dan Air


cara-memutihkan-kuku-secara-alami

Tak perlu diragukan, membersihkan kuku dengan sabun dan air adalah salah satu cara yang paling umum untuk memutihkan kuku secara alami.

Agar bisa mencapai hasil terbaik, pastikan untuk menggosok kuku dengan lembut menggunakan sikat kuku yang telah direndam di dalam air sabun

Demikian tips cara memutihkan kuku secara alami, tetap cantik dan sayangi kuku kita !!, kuku putih bersih adalah cermin pemiliknya~

Last Update:

SHARE THIS

Author:

Hanya seorang ibu rumah tangga yang belajar bisnis online melalui blog dari rumah ditemani oleh si kembar tiga.

0 comments: