10 Mei 2017

Pembersih Muka Untuk Remaja dan Anak Umur 13 14 15 Tahun

Umur 13 tahun adalah masa peralihan dari anak anak menuju dewasa, saat memasuki remaja terdapat perubahan hormon yang menyebabkan perubahan bentuk pada bagian bagian tubuh wanita, utamanya pada wajah.

Gejala pubertas ditunjukkan dengan perubahan perilaku, dimana remaja akan cenderung lebih sering memperhatikan penampilan diri di depan cermin. Kulit yang bernoda seperti jerawat, keringat yang berlebihan, dan kotoran dapat merusak saraf serta pori pori kulit wajah.

Pada masa pubertas produksi hormon mulai meningkat, hormon androgen mendominasi pada pria dan estrogen pada remaja perempuan. Perubahan keseimbangan hormon ini berdampak pada pertumbuhan kulit dan rambut, pada masa tersebut sebum dan produksi keringat meningkat. Bau badan berubah dan hal tersebut bisa jadi menyebalkan.

Pada umur 13 tahun remaja laki-laki mungkin hanya mengenal perawatan kulit muka menggunakan sabun, sedangkan remaja perempuan mulai tahu tentang make-up. Apa yang harus dilakukan remaja untuk merawat kulit dengan baik? berikut tipsnya:


Karakteristik Kulit Muka Anak Umur 13 Tahun


Yang harus dipahami oleh para remaja adalah karakter dan jenis kulit. Kulit memiliki tiga lapisan dan siklus sel adalah 28-40 hari. Tanpa perawatan yang tepat, kulit bisa mengalami berbagai masalah. Salah satu hal terpenting yang harus dilakukan saat remaja adalah menjaga kulit tetap bersih dan terlindungi dari sinar matahari, sebab ultraviolet dapat menyebabkan kerusakan kulit.

Perubahan kulit dan bagian tubuh lain pada masa pubertas sangat cepat dan terkadang sulit dipahami. Kulit mengalami perubahan karena variasi kadar hormon selama pubertas, mengakibatkan jerawat, minyak berlebihan, dan lain-lain yang membutuhkan perhatian khusus.

karakteristik-kulit-muka-remaja

Saat anak umur 13 tahun mengalami masa pubertas, berbagai perubahan terjadi di tubuhnya. Perubahan tersebut disebabkan oleh fluktuasi hormon, yang menyebabkan perubahan fisik dan psikologis.

Berbeda dengan perubahan psikologis atau mental, perubahan fisik merupakan hal yang paling terlihat. Yang paling umum adalah masalah dermatologis. Dari jerawat yang memalukan dan menjengkelkan sampai kulit berminyak yang sulit dikendalikan, remaja menghadapi banyak masalah terkait kulit.

Ada banyak sekali hormon seks seperti estrogen, progesteron dan androgen saat anak umur 13 tahun mengalami masa pubertas. Hal ini menyebabkan perubahan seperti perkembangan folikel rambut, pematangan kelenjar sebaceous seiring dengan produksi kelenjar keringat berlebih pada kulit

Setelah memasuki pubertas, perubahan tinggi badan dan berat remaja menyebabkan peningkatan kandungan lemak pada kulit pria. Ini membantu mempertahankan kelembaban dan mencegah pengeringan kulit. Akibatnya, keringat meningkat, membuat kulit remaja lebih rentan terhadap jerawat.


Pembersih Muka Yang Cocok Untuk Anak Umur 13 Tahun


Kulit perlu dibersihkan, dilindungi, dan dirawat. Pembersihan muka harus dilakukan setidaknya dua kali sehari, menggunakan pembersih muka yang berbeda berdasarkan jenis kulit. Kotoran bersama dengan sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori, yang menyebabkan masalah kulit seperti jerawat. Oleh karena itu penting untuk tidak hanya menggunakan pembersih dan tabir surya, tapi juga sering mencuci muka.

Saat kadar hormon meningkat dan tubuh berubah, kulit bereaksi. Bagi beberapa remaja, jerawat muncul hanya sesekali atau pada waktu tertentu. Bagi anak perempuan, hal itu bisa terjadi tepat sebelum setiap siklus haid. Namun, untuk remaja lainnya, jerawat bisa muncul lebih dari satu atau dua jerawat, yang dikenal sebagai breakouts. Ini ditandai dengan munculnya komedo putih dan hitam, namun seringnya adalah jerawat yang penuh nanah.



Bagi banyak remaja, perawatan jerawat dapat dilakukan dengan menggunakan produk yang mengandung benzoyl peroxide dan / atau berbagai asam dalam krim, lotion atau gel. Kuncinya adalah dengan membeli beberapa produk yang berbeda, coba aplikasikan di wajah, jika produk tersebut cocok maka teruskan pemakaian, jika tidak maka ganti dengan produk lain. Lakukan hal tersebut sampai menemukan pembersih muka yang tepat.

Selain berjerawat, kulit berminyak adalah salah satu masalah kulit remaja. Jika kulit wajah tampak berminyak namun tidak berjerawat, maka cukup lakukan perawatan topikal untuk 'menekan' minyak. sehingga mengurangi produksi minyak, pilihlah produk pembersih muka yang mengandung alkohol, seperti "drying solution" yang menyerap kelebihan minyak di permukaan kulit.

Bisa juga menggunakan produk blotting paper yakni lembaran kertas yang diolah khusus, cara menggunakannya adalah dengan menempelkan blotting paper di area muka yang berminyak. Pilih pembersih muka yang lembut dan jangan mencuci muka lebih dari dua kali sehari.

Meski lebih umum terjadi pada anak kecil, para ahli mengatakan bahwa kadang-kadang, kulit kering dan bersisik bisa juga terjadi pada kulit muka anak umur 13 tahun atau usia remaja. Pelembab tanpa parfum atau wewangian (pelembab yang berat adalah solusinya), Para ahli mengatakan hal itu sangat penting dilakukan ketika mandi, setelah berolahraga, atau bepergian ke tempat dangan kelembapan udara yang berbeda dari tempat tinggal (cuaca dingin). Caranya cukup oleskan pelembab segera setelah mandi atau berenang.

Apa yang kebanyakan remaja tidak sadari adalah penting untuk melembabkan wajah setelah membersihkannya. Pembersihan wajah bisa membuat kulit kering, dan jika Anda tidak menggunakan pelembab, kulit akan terasa sangat kering dan justru mengeluarkan minyak, hal ini tentunya bisa menyumbat pori dan menimbulkan jerawat.

Gunakan pembersih muka yang memang dikhususkan untuk remaja. Produk-produk tersebut sudah banyak beredar di pasaran. Setiap merek produk kecantikan juga selalu mengeluarkan produk untuk berbagai usia, termasuk untuk anak umur 13 tahun. Jadi, pilihlah produkyang cocok dengan usia


Cara Membersihkan Muka Secara Alami Untuk Anak 13 Tahun


Memiliki kulit yang sehat dan cantik tidak mudah terutama selama masa remaja, masa dimana perubahan hormon dan tuntutan penampilan sedang tidak bersahabat. Merawat kulit pada masa remaja bisa dilakukan menggunakan produk yang ada di pasaran. Namun untuk menjaga kesehatan kulit sebisa mungkin kurangi jumlah zat kimia yang terserap kulit, membersihkan kulit secara alami adalah solusinya.

Para remaja bisa membuat masker sendiri di rumah dengan bahan yang mudah didapat untuk memberi makan dan merevitalisasi kulit muka


Pembersih Muka Untuk Anak Umur 13 Tahun #1: Masker stroberi


Masker stroberi sangat bagus untuk berbagai masalah kulit dan sangat cocok untuk semua jenis kulit, dan secara alami membersihkan kulit dan pori-pori, mengencangkan, dan juga mencerahkan kulit kusam dengan mengelupas sel kulit mati. Anda hanya membutuhkan ¼ cangkir stroberi yang sudah dihaluskan, 1 sendok tepung beras dan 3 sendok yogurt.

pembersih-muka-untuk-anak-umur-13-tahun

Pembersih Muka Untuk Anak Umur 13 Tahun #2: Masker Baking Soda


Jerawat adalah keluhan kebanyakan remaja, dan menggunakan produk kimia bisa saja memperburuk kondisi kulit. Masker baking soda ini dapat secara efektif mengurangi munculnya jerawat dan pada saat tapi tidak menyebabkan kerusakan pada kulit seperti produk anti-jerawat lainnya. Anda hanya perlu mencampurkan beberapa sendok makan baking soda dengan air secukupnya.

pembersih-muka-untuk-anak-umur-13-tahun

Pembersih Muka Untuk Anak Umur 13 Tahun #3: Masker Komedo


Komedo merupakan penyebab kedua yang paling diperhatikan remaja selain jerawat, dan ternyata tidak sulit untuk mengatasinya. Masker wajah sederhana dan efektif ini akan mengatasinya. Anda hanya memerlukan beberapa tetes air perasan lemon dan 1 sendok makan gula. Campurkan kedua bahan, lalu pijat secara lembut di daerah yang berkomedo. Masker ini digunakan untuk menggantikan scrub.

pembersih-komedo-remaja

Pantangan Membersihkan Muka di Usia Remaja


Selain membersihkan remaja juga harus mulai bisa menjaga kesehatan kulit dengan tidak melakukan hal-hal tertentu seperti:

Jangan Menyentuh Wajah Berlebihan - Tangan  hampir selalu kotor dan akan mentransfer bakteri dan kotoran ke wajah.

Jangan Kebanyakan Makan Snack - Kurangi mengkonsumsi makanan tidak sehat, terapkan pola makan sehat untuk membersihkan kulit. Batasi jumlah junk food dan soda yang dikonsumsi, dan pastinya jangan merokok.

Jangan Pakai Makeup Ketika Tidur - Periksa sabun dan produk kecantikan kemudian buang produk yang sudah lama. Jika menggunakan make up, jangan tidur dengan make up di wajah. Seberapa lelah pun harus dibersihkan, karena Make up akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Jangan Berlebihan - Cukup 3 kali sehari mencuci muka agar kulit tidak kering. Jangan juga berlebihan saat mengeksploitasi wajah yang dapat menyebabkan kulit iritasi. Dan jangan berlebihan mengaplikasikan pelembab, karena justru membuat kulit semakin berminyak.

Meskipun terkesan susah susa mudah dalam membersihkan kulit muka pada usia remaja, namun hal itu harus tetap dilakukan dengan disiplin. Karena kesehatan kulit saat dewasa ditentukan oleh bagaimana perawatan kulit dilakukan pada masa remaja. Kenali jenis kulit sejak dini, apa yang boleh dan tidak boleh, dan lakukan perawatan sesuai kebutuhan kulit, semangat ya!!


Last Update:

SHARE THIS

Author:

Hanya seorang ibu rumah tangga yang belajar bisnis online melalui blog dari rumah ditemani oleh si kembar tiga.

1 komentar:

  1. Wah... bermanfaat banget buat aku hehehe... kebetulan ni jerawatan lagi nyari yg buat umur 13an cari ngak ada. Eh ternyata ketemu caranya di sini. Konten bermanfaat banget yey...m

    BalasHapus